Hasil MotoGP Qatar 2018: Dovizioso-Marquez-Rossi Bersaing Ketat Hingga Garis Finish!

Lampu start mati pertanda seri perdana MotoGP 2018 dimulai. Johann Zarco yang start dari pole sempat disalip Marc Marquez selepas start. Keduanya diburu Dani Pedrosa dan Valentino Rossi tepat di belakang mereka. Namun, selepas tikungan pertama, Zarco segera ambil alih posisi terdepan dari Marquez. Pedrosa di depan Rossi disusul Danilo Petrucci, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso.

Hingga lap kelima posisi Zarco masih kuat di depan. Marquez yang membuntutinya justru mulai ditekan Rossi. Pedrosa merosot ke posisi 7 di lap keenam. Pilihan ban tipe hard di RC213V nampaknya membuat Pedrosa belum tune in di awal-awal.

Lap tujuh, Zarco masih konsisten di depan. Rossi kedua diikuti Marquez, Petrucci, Crutchlow, Dovi, Rins dan Pedrosa. Dari grafis yang ditampilkan @michelin_sport, diketahui bahwa dua Repsol Honda sama-sama memakai ban hard di bagian depan. Nampaknya, baik Marquez maupun Pedrosa akan menyerang di lap-lap akhir.

Lap delapan, Zarco terus menahan laju Rossi di posisi dua. Pembalap Prancis ini makin matang menjaga keunggulannya.

Lap sebelas, Rossi berusaha memanfaatkan Zarco untuk slip stream, namun Zarco masih unggul. Justru Rossi disalip Marquez dan kembali ke posisi tiga. Dan wow… Dovi tiba-tiba melaju dan sudah di posisi 3 setelah menyalip Rossi.

Lap duabelas, Dovi makin beringas. Kini sudah di posisi dua menguntit Zarco.

Lap tigabelas, Marquez kembali overtake Dovi untuk posisi runner up. Jarak empat pembalap terdepan sangat ketat. Lorenzo dan Rins crash. Balapan berakhir bagi keduanya, namun kondisi keduanya ok.

Lap limabelas, Dovi kembali ke posisi dua, Marquez ketiga dan Rossi keempat. Zarco masih nyaman di depan. Vinales merengsek ke posisi delapan.

Lap delapanbelas, Dovi dengan power Desmosedici GP18 sukses memimpin di straight. Marquez kedua, Zarco melorot di posisi tiga dan kemudian merosot lagi ke posisi 4 digeser Rossi. Wow… what a race. Baru seri pembuka sudah gila-gilaan gini balapannya, seru!

Lap sembilabelas posisi terdepan masih Dovi-Marquez-Rossi-Zarco. Tapi, Zarco semakin mundur setelah disalip Crutchlow. Empat lap tersisa untuk kita tahu siapa pemenang seri pembuka ini.

Lap duapuluhsatu, Zarco terus mundur setelah disalip Petrucci. Vinales ke posisi 7 overtake Pedrosa. Dovi tetap di depan dibuntuti Marquez dan Rossi. Last lap bakalan seru nih.

Last lap, Dovi dan Marquez ketat. Rossi nampaknya belum menyerah juga. Vinales sudah di posisi 6, Zarco kedelapan. Marquez terus berusaha nyalip Dovi, tapi belum bisa. Tikungan terakhir akankah ada drama?

Dan akhirnya, Andrea Dovizioso memenangi seri pembuka MotoGP Qatar 2018 disusul Marquez dan Rossi. Selamat!

Advertisements