Hati-Hati Ya, Pak! Semoga Rejekinya Diluaskan, Amin…

ktm indonesia

Modifikasi motor tunggangan di Indonesia itu banyak banget macamnya. Tidak jarang modifikasi dilakukan karena terpaksa atau karena keadaan yang mengharuskan melakukan hal itu. Faktor ekonomi menjadi salah satu alasan yang ‘memaksa’ seseorang memaksimalkan yang dimiliki. Mau meminang mobil belum mampu, motor yang ada akhirnya dimanfaatkan sedemikian rupa agar bisa membawa seluruh keluarga. Walau pada akhirnya modifikasinya cenderung tidak safety.

Namun, terlepas dari sisi safety yang memang sangat penting untuk diperhatikan, apa yang dilakukan bapak ini mampu membuat air mata ini berlinang. Beliau, entah siapa namanya, memodifikasi motor BeAT yang dimilikinya sehingga sang buah hati bisa dibawa dan tanpa harus berdesakan di jok motor. Modifikasinya adalah dengan membuat semacam box atau kotak dan dipasangkan pada motor tersebut.

Jika tambahan box atau kotak biasanya diletakkan di jok belakang, bapak ini meletakkannya berbeda, di depan! Bracket logam dilekatkan pada dudukan plat nomor, box memanjang ke sisi kanan dan kiri bodi depan motor. Silahkan simak grafis berikut:

Safety? Tentu menurut RA sisi safety-nya kurang, malah cenderung berbahaya jika kekuatan plat box dan box nya sendiri tidak diperhitungkan dengan tepat. Plat bisa patah, box juga bisa terlepas dan bisa berakhir fatal bagi si buah hati. Namun, RA merasa apa yang bapak ini lakukan tidak lepas dari keinginan beliau membahagiakan keluarganya, bisa pergi bersama, namun hanya motor yang dimiliki.

RA merasakan kasih sayang bapak ini terhadap keluarganya sangat besar. Bisa jadi keinginan beliau adalah memiliki mobil, namun mungkin karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk memilikinya. Akibatnya, ‘alternatif’ yang dipilih adalah memanfaatkan apa yang dipunya.

Buat sampeyan yang berada di atas keluarga ini secara ekonomi, tidak usah membully atau nyinyir dengan usaha yang bapak ini lakukan, walaupun sekali lagi dari sisi safety tetap kurang. Ada baiknya kita saling mendoakan agar beliau dberikan kelapangan rejeki sehingga suatu saat nanti bisa memberikan yang terbaik buat si buah hati dan keluarganya.

Awalnya RA merasa aneh saat akun bernama Rudi memposting modifikasi BeAT tersebut di grup facebook Motuba. “Wah modifikasi edan ini mah”, kira-kira demikian dalam pikiran. Namun, saat melihat foto dari belakang, ada seorang anak kecil yang sedang duduk di dalam box tersebut, sontak RA teringat diri sendiri. Sama-sama sebagai seorang ayah dari anak yang masih lucu, merasa terharu dengan yang dilakukan bapak itu. Usahanya membahagiakan keluarganya luar biasa, tak terasa air mata langsung berlinang membayangkan RA yang di posisi beliau.

Serba salah dan dilema jelas akan RA rasakan. Di satu sisi ingin membahagiakan keluarga, mengajak istri dan buah hati pergi bersama, di sisi lain kondisi ekonomi belum memungkinkan untuk memelihara sebuah roda empat. Makin dilema ketika sebenarnya tahu kalau modifikasi tersebut sebenarnya justru mengancam keselamatan si buah hati. Tapi, inilah hidup, c’est la vie, hidup yang penuh pilihan. Dan, bapak itu telah memilih apa yang dilakukannya sekarang. Kita hanya perlu meneladani usahanya membahagiakan keluarganya.

Ah, apakah RA lebay sampai yang begini diangkat di blog? Biasanya sih kalau ada bapak-bapak membawa anaknya yang masih kecil dengan motor suka geram sendiri, entah mengapa melihat gambar di atas malah terenyuh. Hati-hati ya, pak! Inilah kehidupan sebenarnya di luar sana, cak!

Advertisements