Launching Tim, MotoX Racing Beberkan Alasan Rekrut Galang Hendra!

Launching Tim, MotoX Racing Beberkan Alasan Rekrut Galang Hendra! Galang Hendra Pratama diperkenalkan bersamaan dengan presentasi tim balap MotoX Racing yang akan berpartisipasi dalam kejuaraan Superbike kelas World Supersport 300 (WSSP300) musim 2018 ini. Galang akan memperkuat tim tersebut untuk full season WSSP 300 tahun 2018 ini. Dalam presentasi tersebut, Galang mendapat perlakuan istimewa karena selain tampil istimewa di Jerez musim lalu, momen tersebut juga bertepatan dengan hari lahir remaja kelahiran Jogjakarta itu.

Peluncuran tim MotoX Racing dilakukan di Moto Expo Roma, Sabtu (10/3/2018). Galang Hendra akan bergabung dengan 4 pembalap lainnya yang sebelumnya telah lolos pembinaan Yamaha bernama bLu cRu Challenge. Galang masuk tim MotoX bukan dari bLu cRu melainkan dari prestasinya saat mendapat wild card dua seri WSSP 300 musim lalu.

Di Portimao, Portugal, Galang tampil impresif dan sempat masuk top jajaran 10 besar pembalap di depan. Sayang kerusakan teknis pada Yamaha R3-nya membuat pembalap berusia 19 tahun itu harus mengakhiri balapan lebih dini. Penampilan impresif Galang mencapai klimaks di seri terakhir Jerez. Galang secara luar biasa berhasil memenangi balapan. Hasil inilh yang membuatnya bisa menembus MotoX Racing dan tampil penuh musim ini.

Di laman resmi Yamaha Galang mendapat apresiasi khusus yaitu profilnya diulas lengkap. Berikut lansiran dari yamaha-racing.com (10/3/2018) seputar profil dan kisah Galang Hendra Pratama:

Galang Hendra lahir di Yogyakarta, Indonesia dari keluarga balap, dengan kedua orang tuanya berkompetisi di lintasan balap. Dia mulai mengendarai motorcross pada usia tujuh tahun namun akhirnya mengikuti jejak orang tuanya dan melakukan debut balap jalanan saat dia berusia sepuluh tahun di 2009.

Dia lulus dari kelas yang lebih kecil dari kejuaraan nasional Indonesia, menampilkan performa luar biasa yang menggambarkan dia punya bakat untuk masa depan. Pada tahun 2015, ia menjadi pembalap resmi Yamaha Racing Indonesia di kategori Asian Road Racing Championship AP250 yang baru dibentuk. Di musim debutnya Ia menempati urutan kesembilan secara keseluruhan.

Penampilan mengesankan berlanjut hingga musim 2016 dan melihatnya terpilih untuk mengikuti edisi kedua Yamaha VR46 Master Camp, menghabiskan satu minggu belajar dari idolanya Valentino Rossi. Kegiatan ini merupakan satu dari sekian banyak skema proyek bLU cRU. Tahun itu Galang kembali mengikuti ARRC AP250 untuk finis kelima di akhir musim yang sangat kompetitif. Pada 2017 Galang mengakhiri kejuaraan di posisi keenam dalam kejuaraan yang sama, memenangkan balapan pertamanya menjelang akhir musim.

 

Hendra memperlihatkan bakatnya yang luar biasa dengan dua kali menampilkan wildcard di Kejuaraan WorldSSP300 2017. Karena tidak pernah membalap Yamaha YZF-R3, atau bahkan ke Eropa – apalagi membalap di trek Eropa manapun – tampil impresif di Portimao, sempat merengsek dalam sepuluh besar saat balapan sebelum dipaksa untuk mengakhiri balapan terlalu dini gara-gara masalah teknis. Dia kembali dengan percaya diri dengan wildcard keduanya di Jerez, dengan sebuah kemenangan sensasional. Setelah penampilan yang luar biasa di Spanyol, musim 2018 Galang naik kelas dan akan menjalani balap WorldSSP300 full season dengan Team MotoX Racing.

Advertisements