Breaking News! Marc VDS Jalin Kesepakatan Sebagai Tim Satelit Yamaha 2019

ktm indonesia

Kabar terkini menyebutkan Marc VDS telah sepakat akan menjadi tim satelit Yamaha mulai musim 2019 nanti. Konfirmasi tersebut diperoleh dari motorsport.com (20/3/2018). 

Marc VDS melakoni debut di MotoGP tahun 2015 silam. Sejak saat itu, tim yang dimiliki Michael Bartholemy itu terus menjadi tim satelit Honda. Namun, akhir-akhir ini sang big boss nampaknya frustasi dengan sikap Honda yang lebih menganak-emaskan LCR.

 

Honda memang mengutamakan LCR sebagai tim satelit mereka. Ada dua hal yang mengisyaratkan hal itu, pertama dua pembalap mereka, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami dikontrak langsung oleh HRC. Kedua, Honda memberikan motor RC213V spek sama persis dengan yang dipakai Marquez dan Pedrosa untuk Crutchlow. Sedangkan, Morbidelli dan Luthi “hanya” mendapatkan RC213V edisi 2017.

Apa yang dialami Marc VDS ini mirip dengan Tech 3 di Yamaha. Hal yang menurut Herve Poncharal, sang bos, membuat timnya berpisah dan bergabung dengan KTM mulai musim depan.

Mengapa Marc VDS yang dipilih Yamaha? Ada faktor Valentino Rossi di sini. Seperti yang diketahui bersama, Yamaha dan Rossi punya hubungan spesial. Keberadaan Franco Morbidelli di Marc VDS adalah alasan Yamaha “membalas budi” loyalitas Rossi selama ini. Ya, Morbidelli adalah murid Rossi di akademi pembalap VR46.

“Kami punya hubungan dengan VR46 Academy. Kami menganalisis pasar pada umumnya, tapi kami punya kesepakatan dengan struktur VR46 dan ide untuk memiliki salah satu pembalap mereka bersama kami dalam waktu yang tepat,” beber Jarvis. Contoh bagusnya adalah Morbidelli. Kami memiliki kesempatan dan kami benar-benar tertarik kepadanya,” ujar Lin Jarvis saat di Qatar akhir pekan lalu.

Selain Morbidelli, Jarvis sebenarnya telah mengincar Pecco Bagnaia saatTech 3 memutuskan hengkang. Namun, sang pembalap keburu digaet Pramac Ducati mulai musim depan, sehingga opsi menggaet Morbidelli makin kuat. Dan, kebetulan timnya saat ini Marc VDS tengah galau.

So, nampaknya kita tinggal menunggu konfirmasi resmi dari Yamaha dan marc VDS untuk deal resmi kerjasama mereka dalam beberapa hari ke depan.

Advertisements