MotoGP Adalah Balapan Terbaik Di Dunia, Ini Buktinya!

ktm indonesia

Seri perdana MotoGP 2018 di Sirkuit Losail, Qatar bukti bahwa ajang MotoGP merupakan yang terbaik di kolong jagad. Pertarungan seru memperebutkan juara dan zona podium melibatkan banyak pembalap, tidak ada dominasi di sana. Demikian yang diungkapkan oleh Cal Crutchlow, pembalap LCR Honda yang finish keempat dalam balapan 22 lap itu.

Pertarungan zona podium melibatkan 8 pembalap, dimana akhirnya di lap-lap akhir 3 pembalap terdepan memisahkan diri, meninggalkan 5 pembalap di belakangnya namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Crutchlow melihat sekilas aksi pertarungan yang melibatkannya pada layar besar di lintasan, dan memuji Dorna dalam membuat kejuaraan yang sangat kompetitif.

“Saya dapat melihat diri saya di tengah, dan saya dapat melihat tiga pembalap lain di sebelah kanan pada jalur keluar pitlane,” ujarnya. “Dan saya berpikir, ‘ini pasti bagus untuk ditonton kalian.’

“Ini adalah awal kejuaraan yang hebat untuk semua, banyak tim, pembalap, dan fans. Kami harus memuji MotoGP secara keseluruhan, juga sistem peraturannya, karena itu yang memberi kami balapan yang ketat. Dan itu merupakan hasil dari Carmelo (Ezpelatta) sang CEO Dorna,” ungkap Crutchlow.

Dan memang benar, dibanding balapan seperti Formula One, apa yang ditawarkan di MotoGP mampu menghadirkan euforia. Terbukti, hingga kini cukup banyak negara yang antri menginginkan menjadi bagian dari sirkus jet darat roda dua itu. Sebaliknya, di F1 beberapa negara telah undur diri akibat minimnya penonton.

Sebenarnya ada World Superbike (WSBK) yang mirip dengan MotoGP. Sama-sama ajang balap roda dua (beda tipe motor), namun hingga kini WSBK masih belum bisa menandingi pamor MotoGP. Bintang-bintang balap motor dunia lebih banyak yang dikenal di MotoGP dibanding WSBK.

Nah, di tengah popularitas yang makin menanjak, Dorna tetap harus terus kreatif membuat MotoGP kompetitif. Berbagai regulasi baru tiap tahun dimunculkan, tujuannya hanya satu membuat MotoGP makin enak ditonton. MotoGP Qatar sebagai seri pembuka musim ini sudah mengindikasikan kesuksesan Dorna meramu kompetisi ini. Kita yang puas!

Advertisements

1 Comment

  1. secara promotornya sama, harusnya dorna juga bisa bikin wsbk paling tidak gempitanya mendekati motogp…., misalnya, negara2 yang masih ngantri motogp, dikasi kesempatan muter wsbk (kaya film bioskop aja :D) , ato bawa bintang ex motogp ke wsbk

Comments are closed.