Vario Roda 6, Ada cak!

Judulnya tidak mengada-ada cak, faktanya memang ada Vario dengan roda berjumlah enam. Dua di depan, empat di belakang. Resmi dari pabrikan atau modifikasi? Vario satu ini bukan modifikasi tapi langsung dari pabrikan. Tapi produsennya bukan dari Jepang melainkan Jerman. Gak usah kaget, ini benar-benar Vario.

Bukan Vario yang ini cak

Eits, bukan Honda Vario tapi Mercedes Benz Vario. Vario ini bukan pula sepeda motor melainkan bus. Ya, bus bernama Vario buatan pabrikan kelas dunia asal Jerman, Mercedes Benz. Hahahaha… lucu ya?

Benar, di pertengahan tahun 90an, di jalanan Indonesia pernah ngaspal bus Mercy Vario yang dikelola Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI), sebuah BUMN yang menjalankan bisnis sebagai operator angkutan umum.

Dikutip dari kompas.com (22/3/2018) Bus Mercy Vario ini adalah facelift dari model terdahulunya, T2. Vario dibuat dalam dua varian mesin, masing-masing OM 602 DE LA yang berkubikasi 2.874cc dengan lima silinder segaris, dan OM 904 LA yang berkubikasi 4.249 dengan empat silinder segaris.

Seluruhnya bermesin diesel dengan turbocharged dan intercooled. Mercy tercatat menghentikan produksi Vario pada 2013, untuk kemudian digantikan model terbaru, Sprinter dan Atego.

Masih dari sumber yang sama, Mercy Vario yang di Indonesia ada dua unit. Satu rusak, lainnya masih bisa dioperasikan. Yang rusak kini berada di Balikpapan. Sedangkan yang masih bisa dipakai ada di Kutoarjo. Sebelumnya bus Mercy Vario yang di Kutoarjo ini merupakan kendaraan umum perintis di Kalimantan Barat.

Ini dia Vario roda 6 alias bus Mercy Vario
Lucu ya busnya

Nah, buat sampeyan cak yang penasaran dengan wujud asli Vario Roda 6 ini monggo ke Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018 sebab di sana sedang ada pameran Incubus alias Indonesia Classic N Unique Bus. Wah… jangan-jangan Honda Vario terinspirasi dari nama bus-nya Damri ini ya hahahaha

Advertisements