Young Machine: Rumor Suzuki Gixxer 250, Dengan VVT dan Upside Down!

Rideralam.com – Selalu menarik jika Young Machine mengeuarkan edisi terbarunya. Gosip, rumor dan spyshoot calon motor baru menjadi ciri khas majalah otomotif asal Jepang ini. Dan, selama ini bocoran yang mereka angkat nyaris selalu menjadi kenyataan. Kali ini teaser edisi April 2018 telah keluar, seperti yang RA dapat dari warungasep.net (24/3/2018). Tema yang mereka angkat kali ini adalah Suzuki Gixxer 250.

 

Lho, koq bukan GSX-R250 atau GSX-250RR misalnya? Secara kan yang sudah ngaspal di China sana GSX-250R berbasis mesin GW250 alias Inazuma. Kenapa malah Gixxer 250? Ah, sudahlah cak, biarkan rumor dan gosip ini terus mengalir. Mau penamaan apapun tidak masalah yang penting produknya nyata dan segera bisa dinikmati penggila motor tanah air. Oke, lanjut…

Dari penampakan Gixxer 250 yang ada di cover Young Machine, nampaknya aura racy dan garis desain Suzuki makin nyata pada Gixxer 250 ini. Single headlamp layaknya GSX-R150 dan turunan GSX series lainnya tetap dipertahankan, dan jujur ini sesuatu yang menarik dan menawarkan alternatif pilihan lain di tengah gempuran double eyes headlight.

Posisi stang nampaknya underyoke menambah kesan motor sport beraura racy makin kental. Satu hal lagi yang menarik adalah VVT atau variable valve timing (kalau di Yamaha namanya VVA) yang sepertinya akan menjadi bagian dari teknologi yang disematkan di mesin Gixxer ini. Tentu, ini terobosan baru di kelas sport seperempat liter (di Indonesia).

Satu hal lagi yang cukup mengundang perhatian adalah penggunaan inverted fork alias suspensi upside down yang menambah sangar penampilan sebuah motorsport. Dan Suzuki nampaknya sadar bahwa di sport 250cc sudah menjadi kewajiban membenamkan fitur ini. CBR250RR sudah melakukannya, new R25 juga gosipnya akan pakai usd, hanya Kawasaki yang masih pede dengan supensi teleskopik di New Ninja 250.

Dan, demam aero fairing di MotoGP juga dimasukkan juga di Gixxer 250 ini. Bisa sampeyan lihat di fairing depan kanan-kiri ada bagian yang menonjol keluar, memang mirip dengan winglet atau aero fairing motor-motor prototype di MotoGP. Untuk motor harian sih ini lebih sebagai gimmick dibanding sisi fungsionalnya ya, mau ngebut kemana?!

Benarkah Suzuki akan merilis Gixxer 250 untuk pasar global? Atau hanya untuk pasar negara tertentu saja, India misalnya? Sebab, menilik penamaan Gixxer, di India sana sudah ada motor sejenis bernama Gixxer 150 dan Gixxer SF 150, dua pasang motor turing naked dan sport fairing. Lalu, untuk di Indonesia bagaimana? Sekedar saran sih, kalau mau masuk Indonesia yang jelas mesin harus sudah DOHC dua silinder dengan nama GSX-R250 misalnya.

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Penampakan New R25 Versi Young Machine, Mirip R25 Konsep Tahun 2014! | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*