Hasil CEV Moto2 dan Moto3: Dimas Ekky Nyaris Podium, Gerry Salim Debut 1 Lap!

Gelaran balap FIM CEV Repsol atau lebih familiar dengan sebutan balap CEV, seri perdana telah dilangsungkan di Sirkuit Estoril, Portugal (25/3/2018). Dua pembalap Indonesia mengikuti balapan ini di kelas berbeda. Dimas Ekky di kelas Moto2 dan Gerry Salim kelas Moto3. Hasilnya, dua pembalap Astra Honda Racing Team itu memperoleh hasil berbeda.

CEV Moto2 European Championship yang diikuti Dimas Ekky melangsungkan dua kali race. Dimas meraih hasil identik di dua balapan tersebut, yakni selalu finish keempat.

Race 1 CEV Moto2

Race pertama relatif lebih mudah bagi Dimas. Hasil kualifikasi menempatkan dirinya start keenam. Selepas start, Dimas langsung naik dua posisi. Ia bertarung dengan eks pembalap Moto2 Jesko Raffin asal Swiss dan rekan senegara Raffin, Marcel Brenner.

Lap 8 Dimas berhasil menaklukkan Brenner untuk merebut posisi ketiga. Namun, Raffin kemudian menjadi lawan berikutnya yang harus ditaklukkan untuk mengamankan podium. Praktis, sejak lap 10 hingga 18 pertarungan Dimas vs Raffin tersaji ketat.

Di depan, Ivo Lopes sangat dominan dan telah unggul 5 detik dari Augusto Fernandez di posisi kedua.

Sayang, pembalap asal Depok itu tidak mampu memangkas jarak dengan Raffin yang sebelumnya telah menyalipnya di lap 10. Alhasil, Dimas harus puas finish keempat dengan jarak lebih dari 2 detik. Podium diisu Lopes, Fernandez dan Raffin.

Race 2

Di race kedua yang berlangsung beberapa jam kemudian, perjuangan Dimas relatif lebih berat dibanding race pertama. Kali ini Dimas harus menghadapi 5 pembalap, termasuk pemenang race 1 Ivo Lopes dan rival memperebutkan posisi 3, Jesko Raffin.

Start Dimas sebenarnya cukup baik, mampu naik dua posisi setelah lampu start padam. Sayang, Ia kemudian disalip Fernandez kemudian turun ke posisi 5. Satu lap kemudian Dimas turun ke posisi 6 namun bisa memperbaikinya kembali satu lap kemudian dan terus membayangi Xavier Cardelus dan Ivo Lopes.

Lap 11 Dimas turun ke posisi 7 setelah terlihat bermasalah dengan motornya. Alessandro Zaccone, Xavier Cardelus dan Ivo Lopes berada di depannya. Namun, Dimas kemudian tampil kesetanan. Satu persatu tiga nama itu disalipnya. Zaccone pertama, kemudian Cardelus juga diasapi.

Dua lap terakhir saat tengah berduel dengan Lopez, Zaccone berhasil mencuri kesempatan untuk menyalip Dimas. Dimaspun kembali turun ke posisi 5. Cardelus dan Lopez makin memberikan tekanan bagi pembalap bernomor 20 itu. Beruntung, di last lap Zaccone mengalami crash dan otomatis Dimas naik ke posisi 4.

Di tengah tekanan Cardelus dan Lopez, Dimas akhirnya berhasil mempertahankan posisi keempat hingga menyentuh garis finish.

Dua race identik finish keempat membuat Dimas Ekky memperoleh total 26 poin dan menempatkannya di posisi 4 klasemen sementara. Raffin, Fernandez dan Lopez bersaing ketat di top 3. Raffin 41, Fernandez 40 dan Lopez 35.

Hasil yang diraih Dimas di seri pembuka musim ini lebih baik dibanding musim lalu. Saat itu Dimas hanya finish ketujuh di race 1 dan gagal finish di race 2 saat memperebutkan podium. Musim ini target Dimas Ekky di CEV Moto2 adalah meraih juara. Ini adalah musim keempatnya di CEV Moto2.

Debut Buruk Gerry Salim di CEV Moto3

Jika Dimas Ekky menjalani dua balapan dengan hasil identik, Gerry Salim di kelas Moto3 World Championship hanya melakoni satu balapan saja di Estoril. Gerry start dari posisi 27 dari 41 pembalap.

Selepas lampu start mati, Gerry langsung merasakan bagaimana suasana persaingan di Moto3. Balapan debut ini terasa ‘kejam’ bagi arek Suroboyo itu sebab tak lama kemudian Ia harus menyelesaikan balapan lebih cepat. Gerry gagal melanjutkan balapan dan pulang dengan nol poin.

Tidak terlihat apa penyebabnya, namun di live timming pembalap asal Jawa Timur ini memiliki status out, yang menyebabkan tidak dapat melanjutkan balapan.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*