Pertarungan World Superbike Bakalan Pindah ke Suzuka 8 Hours Tahun Ini!

Ewc , 8h, Suzuka, 2017 , Race , Podium
ktm indonesia

Cak, pertengahan tahun ini event balap tahunan Suzuka 8 Hours akan kembali digelar tentu saja di Sirkuit Suzuka, Jepang, tepatnya pada 27-29 Juli 2018. S8H musim ini dipastikan akan berlangsung seru dan lebih bergengsi. Pasalnya, dua tim besar seperti Honda dan Kawasaki telah mengumumkan akan turun full team untuk menghentikan dominasi Yamaha. Wow… Panas!

S8H dalam tiga musim terakhir selalu dimenangi Yamaha. Hal tersebut bisa terjadi karena tim Yamaha S8H mendapat dukungan penuh dari pabrikan Iwata. Sementara itu, Honda yang mendominasi S8H dengan 27 kemenangannya nampak panas dengan hat-trick Yamaha sejak 2015 lalu. Alhasil, mereka memutuskan akan turun penuh lewat Honda Racing Coorporation (HRC).

Honda

HRC juga sudah memperkenalkan motor yang akan mereka gunakan di S8H yakni CBR1000RRW. Motor ini merupakan pengembangan dari Honda CBR1000RR SP2 yang digunakan di WSBK. Untuk line up pembalap Honda belum menentukan 3 pembalapnya di S8H tahun ini, namun yang pasti salah satunya adalah Takumi Takahashi, pembalap yang pernah membawa Honda juara S8H tahun 2014 silam.

Keseriusan Honda di ajang S8H tahun ini tidak hanya dalam soal motor dan status tim tapi juga hingga jajaran manajemen. Pemegang rekor juara terbanyak di S8H, Tohru Ukawa, langsung ditunjuk oleh HRC untuk menjadi manajer tim. Tohru Ukawa, yang juga eks pembalap MotoGP Honda, telah 5 kali juara di S8H yakni 1997, 1998, 2000, 2004 dan 2005 seperti dikutip dari suzukacircuit.jp (27/3/2018).

Kawasaki

Tidak mau kalah dengan Honda dan Yamaha, Kawasaki akhirnya juga umumkan akan turun full team di S8H dengan status full factory support.

Kawasaki nampaknya tidak mau dominasi ZX-10R di WSBK diganggu di S8H. Bahkan, Kawasaki sudah mengumumkan skuad pembalap mereka di S8H yakni 3 kali juara dunia WSBK Jonathan Rea, Leon Haslam dan pembalap lokal Jepang Kazuma Watanabe.

“Suzuka 8 Hours merupakan ujian terbesar untuk manusia dan mesin. Seperti sebuah roller coaster yang penuh dengan emosi selama balapan dan saya sangat bersemangat untuk kembali ke S8H musim ini.” Ujar Rea seperti dikutip dari tmcblog.com (25/3/2018).

Jika di WSBK Kawasaki menurunkan ZX-10R maka di S8H ini Rea dkk akan menggeber ZX-10RR. Gokil nih, pertarungan WSBK akan berlanjut di S8H tahun ini.

Tinggal menunggu konfirmasi resmi Yamaha nih untuk S8H. Yamaha R1 mereka akan digeber siapa untuk musim ini. Tahun lalu komposisi juara Yamaha adalah Michael van Der Mark, Alex Lowes dan Katsuyuki Nakasuga. Selama ini Yamaha memang menggunakan komposisi satu pembalap lokal Jepang untuk 3 slot pembalapnya di S8H. Jika tidak ada perubahan, Nakasuga kayaknya masih akan dipakai nih.

Suzuka 8 Hours merupakan ajang balap unik. Selama ini, pabrikan motor yang notabene banyak dari Jepang selalu menganggap ajang ini spesial sehingga mereka rela turun gunung untuk membuktikan ketangguhan motor produksi mereka di negeri sendiri.

Walau event ini hanya sekali setahun dan hanya satu kali diadakan di Sirkuit Suzuka, namun dari namanya 8 hour, balapan ini sangat menguras energi dan menantang performa motor secara keseluruhan. Cepat saja tidak cukup untuk jadi juara, tapi cepat dan tangguh adalah paket sempurna. Bayangkan saja, selama 8 jam motor terus hidup.

Sebagai perbandingan motor-motor MotoGP digeber selama sekitar 40-45 menit saat race. Jika semusim ada 19 seri maka secara akumulasi motor-motor itu akan digeber selama sekitar 12 jam tanpa non stop.

Advertisements