Honda Punya Motor Terbaik, Crutchlow: “Bukan, Tapi Pembalap Terbaik”, Wah Bisa Kayak Rossi Nasibnya Nih!

Cal Crutchlow mengeluarkan pernyataan yang bisa mempengaruhi masa depannya di Honda. Ya, seperti judul di atas, Crutchlow tidak setuju jika dikatakan Honda punya motor terbaik saat ini, sebab menurut pembalap asal Inggris itu yang benar adalah Honda saat ini punya deretan pembalap terbaik di grid. Belasan tahun silam, Valentino Rossi hengkang dari Honda ke Yamaha karena kemampuannya “tidak dianggap!”

Podium Crutchlow di Argentina 2017

Dua musim lalu, Crutchlow sukses mengemas dua kemenangan di Brno dan Philip Island, kala itu Ia masih berstatus pembalap tim satelit LCR Honda yang belum mendapat sokongan penuh HRC. Namun, tahun lalu Ia tanpa kemenangan dan hanya sekali finish podium ketiga di Argentina. Akhir musim lalu Ia resmi “dikontrak” HRC untuk mendapat dukungan penuh pabrikan orange tersebut.

Sesi tes pramusim tahun ini, Crutchlow terlihat nyaman dan sangat kuat dengan RC213V spek factory. Hal senada juga ditunjukkan oleh dua pembalap utama Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tak ayal, banyak orang yang menduga Honda memiliki motor terbaik untuk tahun ini.

Namun, Crutchlow dengan tegas menyangkal pendapat tersebut. Ia justru mengatakan: “Yang Honda miliki adalah pembalap terbaik,” ujarnya saat balapan pertama di Qatar, di mana Ia finis keempat, tiga detik lebih lambat dari pemenang balapan, Andrea Dovizioso seperti dikutip dari motorsport.com (2/4/2018).

Cruthclow belajar dari Pedrosa

Kemudian, Crutchlow mengaku banyak belajar dari gaya balap Marquez dan Pedrosa, dan kesimpulannya adalah RC213V adalah motor yang paling rumit dikendarai. Crutchlow setuju jika RC213V sudah lebih baik dari sebelumnya, tapi disaat bersamaan para pembalap juga harus bekerja keras.

Jika Crutchlow berkata demikian, maka bisa saja nasibnya akan seperti Rossi di akhir musim 2003 silam. Lho, ada apa dengan Rossi tahun itu, bukannya alasan the doctor hengkang dari Honda kala itu adalah mencari tantangan baru? Yang terangkat di media memang begitu, cak. Tapi, banyak pihak percaya itu alasan selanjutnya dari pembalap yang waktu itu sudah dapat 3 gelar juara dunia dari 4 tahun bersama Honda.

Valentino Rossi atau RCV yang hebat?

Isu yang berhembus saat itu Honda yakin kesuksesan Rossi berkat RCV. Sedangkan rider Italia tersebut percaya skill-nya yang membuat Honda meraih gelar juara dunia tiga kali beruntun seperti dikutip dari riaupos.co (11/11/2015). Nah, setelah itu baru alasan mencari tantangan baru, sebab Rossi ingin membuktikan bahwa pendapat Ia yang benar, bukan Honda. Dan kemudian, semua tahu siapa yang benar setelah itu.

Berkat campur tangan Rossi, Yamaha dibawanya jadi tim terdepan digelaran MotoGP. Rossi menjadi juara dunia MotoGP bersama Yamaha pada 2004, 2005, 2008 dan 2009. Padahal, periode kelam Yamaha terus terjadi hingga 2003. Pabrikan Iwata itu selalu di bawah bayang-bayang Honda!

Akankah Crutchlow akan mengalami nasib serupa Rossi?

Advertisements

2 Comments

  1. Dan omongan rossi pun tidak bisa di anggap benar,kenapa? Tanpa burgess rossi bisa apa? Skrg udah berapa tahun rossi tidak jurdun? Ingat honda bukan lah motor terbaik,bahkan mnrt saya masih lebih baik yamaha malah,hanya saja untuk menutupi kelemahan diri sendiri rossi sll berkilah motor honda lbh baik..helloo.. Rossi lupa ucapannya dulu? Jika dia meyakini kemenangannya karena andil besar dirinya knp saat kalah dia tidak mau mengakui kl dirinya jg yg punya andil besar pada kekalahannya…

  2. siapa yang benar siapa yang salah ora urus kang, yg ptg..
    1. yamaha bisa maju karena rossi, mundur juga karena rossi
    2. tanpa rossi motogp akan sama kayak superbike, fans motogp terbesar tetaplah fansnya rossi,
    3. yamaha sempat kehilangan arah pengembangan mesin setelah dipegang lorenzo,
    4. hrc merupakan tim dengan dukungan dana terbesar no 2 setelah ducati

Comments are closed.