Rekap FP1-FP3 MotoGP Argentina 2018, Dovizioso dan Lorenzo Q1!

ktm indonesia

Sesi latihan bebas yang menentukan posisi kualifikasi MotoGP Argentina 2018 sudah usai. Tiga sesi latihan bebas dikuasai oleh Honda. Dani Pedrosa membuka dominasi di latihan bebas pertama, Marc Marquez kuasai dua sesi berikutnya. Jika FP1-FP3 sudah selesai, maka bisa kita ketahui posisi pembalap yang langsung melaju ke Q2 atau yang harus ‘dicuci’ dulu di Q1. Bagaimana hasilnya?

FP1 menjadi milik Pedrosa. Sesi pembuka Jumat (6/4/2018) ini dikuasai Pedrosa dengan catatan waktu 1’40,303. Posisi kedua menjadi milik Cal Crutchlow dengan jarak 0,042 detik di belakang Pedrosa. Andrea Iannone dengan GSX-RR mantab di posisi ketiga dengan 1’40,386. Berarti ada dua RC213V di dua baris terdepan. Luar biasa!

Di sesi ini, Marquez hanya di posisi keenam tepat di depan Valentino Rossi. Pembalap unggulan lainnya adalah Andrea Dovizioso yang hanya di posisi 8 diikuti Jorge Lorenzo kesembilan. Maverick Vinales ada di tempat ke-13.

Di FP2, Marquez melesat di depan dengan 1’39,395. Para pembalap semakin menajamkan catatan waktunya guna mengejar posisi top 10 kombinasi waktu. Pasalnya, di sesi ini cuaca mulai kurang bersahabat.

Posisi Marquez dikuntit Crutchlow yang stabil di tempat kedua. Catatan waktu pembalap Inggris itu 1’39,799. Kejutan ditunjukkan pembalap tim satelit Avintia yakni Tito Rabat yang menempati posisi tercepat ketiga. Hasil ini kemudian membuat Tito langsung masuk Q2.

Iannone, Pedrosa, Vinales dan Rossi berturut-turut di posisi 4 sampai 7. Hasil buruk diraih Jorge Lorenzo. X-Fuera terdampar di posisi 17, hasil yang pasti akan disesalinya. Sebab, membuat Lorenzo harus berjibaku di Q1.

Seperti disinggung sebelumnya, sesi FP2 sempat diwarnai gerimis, dan akhirnya benar saja. Sesi FP3 yang dilangsungkan hari Sabtu (7/4/2018) menjadi mimpi buruk bagi pembalap yang harus memperbaiki catatan waktunya di luar top 10. Lorenzo langsung terkena dampaknya. Latihan bebas diputuskan wet race alias basah. Jelas, bicara catatan waktu tidak akan bisa lebih baik dari FP1 dan FP2.

Di sesi ini, Marquez kembali hadir sebagai pembalap tercepat. Best laptimenya hanya 1’48,896 alias nyaris 10 detik lebih lambat dari catatan terbaiknya di FP2. Johann Zarco, Alvaro Bautista, Karel Abraham hingga Danilo Petrucci memanfaatkan trek basah untuk tampil impresif di tengah melempemnya pembalap-pembalap langganan top 10 lainnya. Bahkan seorang Hafizh Syahrin bisa menempati posisi kedelapan di sesi basah ini. Dimana pembalap unggulan?

Dovi, Pedrosa, Vinales, Iannone dan Rossi berturut-turut di posisi 9-13. Namun, hasil ini tidak mempengaruhi posisi mereka di top 10, kecuali Dovi yang harus terlempar. Ya, dua pembalap Ducati Corse, Dovi dan Lorenzo akan berjibaku di Q1 terlebih dahulu. Sebab, overall 3 sesi latihan bebas, keduanya hanya di posisi 15 dan 16. Parah!

So, pembalap yang langsung ke Q2 alias top 10 adalah sebagai berikut:
1. Marquez
2. Crutchlow
3. Pedrosa
4. Rabat
5. Iannone
6. Vinales
7. Rossi
8. Rins
9. Zarco
10. Miller

Kita tunggu saja, siapa top 2 di Q1 yang akan melenggang ke Q2. Jika normal sih seharusnya Dovi dan Lorenzo bisa lolos lah ya. Namun, jika trek tricky, apapun bisa terjadi. Termasuk siapa peraih pole kedua musim ini. Zarco sudah melakukannya di seri perdana Qatar kemarin, sekarang? Tunggu saja beberapa saat lagi.

Advertisements