Klasemen Pembalap, Konstruktor dan Tim MotoGP 2018 Pasca Seri Argentina

#TermasClash merugikan Marc Marquez dan Valentino Rossi. Akibat insiden tersebut keduanya gagal menambah poin di Argentina, alhasil posisi di klasemen juga otomatis merosot. Sedangkan kemenangan perdana Cal Crutchlow sukses mengerek posisinya ke puncak klasemen.

 

Tambahan 25 poin membawa Cal saat ini telah mengumpulkan 38 angka dari dua race. Di Qatar dua pekan lalu pembalap Inggris itu finish keempat alias mendapatkan 13 poin.

Seperti disinggung sebelumnya, insiden #termasClash memaksa Marquez drop 13 posisi dari hasil finish kelima menjadi ke-18. Akibatnya Ia berada di luar zona poin yakni top 15. Pun demikian bagi Rossi yang hanya finish ke-19.

Marquez yang di Qatar finish posisi dua tetap dengan 20 angka dan kini merosot di peringkat 5 di bawah Maverick Vinales yang unggul 1 angka saja. Sedangkan Rossi drop 5 tangga ke posisi 8 dengan tetap 16 angka.

Di kategori konstruktor, Honda menggeser Ducati dari singgasana berkat kemenangan Crutchlow. Tambahan 25 poin serta 20 poin di Qatar membuat Honda kini telah 45 poin. Ducati yang sebelumnya memimpin berkat kemenangan Dovi di Qatar, kini hanya menambah 13 poin dari finish keempat Jack Miller di Argentina dengan total 38 poin.

Yamaha posisi ketiga dengan 36 angka hasil posisi 3 Rossi di Qatar dan runner up Zarco di Argentina.

Nilai kontruktor adalah nilai brand motor yang di peroleh dari finish tertinggi pembalap tim utama atau satelit.

Untuk kategori tim, LCR Honda untuk pertama kalinya memimpin klasemen dengan 41 angka semuanya berkat poin yang disumbangkan Cal. Posisi kedua ada Monster Yamaha Tech 3 selisih 4 angka dari LCR diikuti Movistar Yamaha dengan nilai sama.

Ducati Team ada di peringkat 4 dengan 36 angka. Sedangkan Repsol Honda yang gagal nambah poin akibat kegagalan Marquez dan Pedrosa di Argentina hanya diposisi 7 dengan 29 poin.

Nilai tim didapat dari hasil finish dua pembalap setiap tim. Jika sebuah tim punya 3 pembalap utama, nilai yang diambil adalah pembalap yang finish tertinggi dan terendah dari ketiganya.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*