Aneh, Kehadiran New PCX Justru Bikin NMax Makin Ngacir

Seiring meningkatnya distribusi motor Yamaha di bulan Maret yang mencapai 56% dibanding bulan sebelumnya, permintaan produk-produk pabrikan berlogo garputala itu juga meningkat. Contoh paling signifikan adalah NMax 155. Motor terlaris Yamaha sejauh ini terus mengalami peningkatan penjualan (wholesales) sepanjang tiga bulan pertama tahun ini.

Berdasarkan data AISI Maret 2018 yang dikutip dari detik.com (10/4/2018), Yamaha NMax 155 mencapai penjualan tertinggi bulan lalu. Di bulan ketiga tahun 2018, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Yamaha Nmax tercatat sebanyak 40.965 unit. Selisih yang cukup jauh dibandingkan New PCX yang hanya sebanyak 16.623 unit.

Seperti disebutkan di atas, NMax terus mengalami fluktuasi positif sejak Januari tahun ini. Di bulan pertama itu penjualan NMax mencapai 28.402 unit, kemudian naik menjadi 34.044 bulan Februari lalu dan kini telah menyentuh angka 40 ribu unit. Luar biasa.

Ini berarti kehadiran New PCX 150 yang mulai resmi dijual Februari lalu tidak mengurangi market NMax, bahkan justru membuat permintaan NMax terus terlecut. New PCX 150 pada bulan pertama penjualannya mencapai 9.661 unit.

Nampaknya, facelift ringan di sektor suspensi belakang dan speedometer yang dilakukan Yamaha untuk NMax 155 produksi tahun 2018 terbilang sukses. Memang, selama ini titik lemah NMax di mata konsumennya adalah sektor penyokon bodi yang cenderung keras.

Kita tunggu saja beberapa bulan ke depan, seperti apa persaingan dua maxi skutik Honda dan Yamaha ini. Masih ada 9 bulan ke depan sepanjang tahun ini untuk membuktikan PCX atau NMax yang unggul.

Advertisements