Avanza Keok Lagi, Xpander Terus Mempesona!

Persaingan Low MPV bulan Maret tetap meruncing pada dua produk paling digemari masyarakat saat ini, Toyota Avanza yang baru saja lengser keprabon dari singgasana bulan lalu dan Mitsubishi Xpander yang belum mau henti tebar pesona. Lalu, siapa pemenang di putaran ketiga tahun ini?

Seperti kita ketahui, sejak kehadiran Xpander, keberadaan Avanza yang selama ini aman-aman saja meski direcokin rival-rival lainnya seperti Xenia, Ertiga atau Grand Livina, mulai terusik. Puncaknya terjadi bulan lalu dimana untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, penjualan jagoan Toyota ini kalah dari si pendatang baru Xpander.

Tidak banyak memang selisihnya, tapi apa yang dilakukan Xpander ini membuktikan bahwa mereka bisa menggusur sang raja. Desain, fitur hingga harga jual menjadi senjata Mitsubishi mengoyahkan ‘iman’ konsumen kelas ini yang memang paling besar di Indonesia.

Oke, di bulan Maret kemarin Xpander masih terus ‘ngasapi’ Avanza untuk menjadi Low MPV terlaris saat ini. Di sisi lain, Avanza memang mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya tapi itu belum cukup untuk merebut kembali singgasana. Xpander mampu terjual 7.493 unit di bulan Maret, berbanding 7.097 unit Avanza. Gap tidak sebesar bulan sebelumnya dimana Avanza hanya terjual 6.773 unit dan Xpander 7.400 unit.

Tren Xpander yang terus mengalami kenaikan memang harus diwaspadai Toyota. Tiga bulan pertama tahun ini penjualannya terus membaik termasuk ketika di awal tahun mampu terjual 7.079 unit. Sedangkan Avanza fluktuatif, jika Februari ke Maret naik, tapi Januari ke Februari turun. Januari lalu Avanza terjual 7.543 unit.

Toyota boleh saja berdalih saat ini mereka fokus untuk memperbesar kapasitas produksi New Rush, tapi jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin puncak kekuasaan akan sangat sulit direbut lagi. Mengeluarkan New Avanza bisa jadi solusi yang tepat. Konsumen saat ini sudah makin cerdas dan kritis. Uang ratusan juta yang dikeluarkan harus sebanding dengan kepuasan yang didapat. Dan nampaknya Xpander mampu menjawab tantangan itu. Kita tunggu saja akan seperti apa New Avanza berikutnya.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*