Opsi terbaik Honda, Pertahankan Dani Pedrosa Untuk Gaet Joan Mir!

alchetron.com

Manajer Honda MotoGP, Alberto Puig, mengaku butuh waktu untuk menentukan pendamping Marc Marquez di timnya. Itu berarti apapun pilihannya, mempertahankan Pedrosa atau mencari penggantinya, tidak bisa segera dilakukan. Masuk akal, sebab banyak opsi yang bisa dilakukan Honda ke depan, salah satunya kenapa tidak dilakukan dua-duanya?

Maksudnya adalah mempertahankan Pedrosa sambil lalu mempersiapkan penggantinya. Opsi ini bisa dilakukan karena untuk mencari pengganti Pedrosa saat ini cukup sulit. Beberapa pembalap yang masuk kategori sulit untuk digaet. Johann Zarco sudah 99% menuju KTM musim depan, pun demikian Andrea Dovizioso yang walau masih menolak proposal gaji Ducati, tetap punya peluang lebih besar bertahan di pabrikan merah tersebut. Pembalap lain? Cal Crutchlow memang sudah menunjukkan ketertarikan gabung tim pabrikan, tapi Honda terlihat tidak begitu greget untuk menggaetnya.

Kontrak Pedrosa akan berakhir musim ini. Performa pembalap yang bergabung dengan Repsol Honda sejak 2006 ini memang bikin gregetan. Belum pernah meraih gelar juara dunia, namun punya performa pembalap papan atas. Saat akan dilengserkan karena performa lembeknya, eh kemudian Ia membuktikan kualitasnya dengan hasil lumayan.

Contoh terakhir di Austin lalu. Sepekan sebelum race, Ia mengalami cedera dan harus dioperasi, namun dengan segala sakit yang masih dideritanya, Ia ternyata mampu finish ketujuh di balapan yang dimenangkan Marquez itu. Tentu saja hasil ini melebihi ekspektasi publik, bahkan tim Honda sendiri. Alhasil, harapan untuk mempertahankannya kembali tinggi.

Padahal, hasil balapan di Qatar dan Argentina seperti membuka pintu keluar dirinya dari Honda.

autos.id

Menunggu Joan Mir!

Nah, opsinya adalah Honda mempertahankan Pedrosa setidaknya untuk satu musim lagi. Dua tahunpun sebenarnya masih masuk akal. Anggap saja Ia sebagai pelengkap tim saja, dengan Marquez tetap sebagai ujung tombak. Kemudian, Honda tinggal menunggu performa pembalap incarannya, Joan Mir. Mir yang tahun ini naik kelas ke Moto2 memang menjadi incaran Honda untuk mendampingi Marquez di tim utama. Ibaratnya, Ia kini disekolahkan dulu di Moto2. Juara dunia Moto3 2017 itu dimatangkan dulu sebelum naik kelas.

latimages.com

Jika Honda menghendaki Mir naik kelas sesegera mungkin karena takut dibajak tim lain, maka musim depan adalah waktu yang tepat. Jika Honda memutuskan Pedrosa tetap dipertahankan, maka opsi paling masuk akal adalah dengan kembali menyekolahkan Mir, namun kali ini di tim satelit MotoGP, LCR misalnya.

Tapi, jika Honda masih menginginkan Mir menimba pengalaman lebih banyak di Moto2, maka menariknya di tahun 2020 tentu tepat. Biarkan Ia di Moto2 musim ini untuk melakoni debutnya, kemudian menambah pengalaman semusim lagi baru diangkat ke MotoGP. Di sisi lain, Pedrosa tetap di Repsol setahun lagi.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*