Nikmati Liburan Long Weekend di Kebumen Yuk!

Dikenal sebagai salah satu pusat tempe mendoan yang lezat selain Purwokerto, Kebumen ternyata nggak cuma punya makanan yang lezat saja. Ada banyak tempat wisata cantik di kota ini, mulai dari desa yang indah hingga pantai-pantai mengagumkan yang bisa jadi alternatif liburan selain Jogja, Solo atau Semarang.

Transportasi menuju Kebumen pun mudah dan murah. Kamu bisa naik kereta api untuk menuju Kebumen, yang bisa ditempuh dari banyak kota tujuan di Pulau Jawa. Harga tiket kereta api ke Kebumen pun tak beda jauh dengan kereta ke Jogja atau Semarang. Hemat dan ramah kantong, ditambah kamu juga bisa cek promo tiket kereta agar biayanya bisa lebih murah lagi ya!

Belum pernah ke Kebumen dan bingung mau ke mana? Beberapa tempat wisata berikut ini bisa menjadi pilihan.

Pantai Menganti

sumber: wikipedia.org

Dulu pantai ini hanya menjadi tempat nelayan mendarat setelah mencari ikan di laut lepas. Terbatasnya akses transportasi membuat Pantai Menganti tak banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Namun semuanya berubah setelah pada tahun 2011 lalu Pemerintah Kebumen membangun jalan raya menuju Pantai Menganti. Dengan akses jalan yang mudah, kawasan pantai ini menjadi ramai dan jadi jujugan wisatawan yang ingin menikmati indahnya pasir pantai bersih dan landai di selatan Kebumen.

Rumah Pohon Goa Cocor Desa Sikayu

sumber:@arifahsiti27

Dulunya desa ini tak dilirik wisatawan. Meski memiliki pemandangan hijau nan asri, namun untuk melihatnya dari ketinggian, tak ada sarana yang memadai untuk menikmati pemandangan alamnya.

Namun beberapa tahun belakangan masyarakat Desa Sikayu bahu membahu membangun kawasan tempat tinggal mereka. Rumah pohon dengan ranting unik pun dibangun sebagai spot melihat pemandangan indah dan tentu saja lokasi selfie dengan latar belakang pepohonan hijau yang keren. Sekarang, Desa Sikayu selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto di Rumah Pohon Goa Cocor Desa Sikayu yang cantik.

Pantai Watu Bale

sumber:@hestirom

Dinamakan Watu Bale, karena di kawasan pantainya memang tidak hanya terdiri dari pasir yang lembut saja. Namun juga terdapat batu-batuan kecil yang merata di sebagian kawasan Pantai Watu Bale yang membuat tempat ini nampak sangat unik.

Selain pasir pantainya yang unik, kawasan ini juga memiliki bukit-bukit indah yang menghadap langsung ke laut lepas. Ada tebing Titanic yang dihias dengan ujung kapal runcing, tempat kamu bisa berpose ala Rose dan Jack di ujungnya. Ada pula jembatan segitiga yang unik dan rumah pohon yang cantik.

Paling asyik adalah melihat pemandangan senja dari bukit dan rumah pohon yang menjulang. Pasti jadi pemandangan yang nggak akan kamu lupakan. Untuk mencapai pantai ini menghabiskan waktu 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Stasiun Karanganyar atau Stasiun Kebumen. Jadi kalau kamu lupa cek tiket kereta api yang kamu beli tujuan akhirnya kemana, santai saja, jarak tempuhnya tetap sama kok.

Goa Jatijajar

sumber:eloratour.com

Di antara semua tempat wisata ngehits di Kebumen, Goa Jatijajar adalah destinasi yang nggak boleh terlewatkan. Goa yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu ini memiliki keindahan yang nggak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Untuk menuju bagian dalam goa, kamu akan dibawa menelusuri anak tangga dan masuk ke dalam sungai yang ada di perut goa Jatijajar. Percayakan perjalananmu kepada guide setempat yang lebih mengerti medan, agar perjalanan kamu lebih aman dan nyaman.

Kebumen memiliki sejuta pesona yang selama ini nyaris tak pernah dilirik wisatawan. Padahal untuk menuju kota ini, jaraknya tak jauh beda dengan rute ke Jogja atau Semarang.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*