Satu Lagi Rookie MotoGP 2019, Miguel Oliveira Gabung KTM Tech 3!

MotoGP musim ini baru akan memasuki seri keempat dari 19 seri yang direncanakan, tapi lalu lintas kepindahan pembalap untuk musim depan sudah ramai. Setelah kemarin ada kabar Johann Zarco yang merapat ke KTM, hari ini konfirmasi serupa datang dari tim satelitnya setelah merekrut Miguel Oliveira sebagai pembalap KTM Tech 3. Wow… KTM ‘ngamuk’ nih.

Yup, beberapa waktu lalu usai memastikan lepas dari Yamaha dan bergabung dengan KTM, Herve Poncharal sang big boss telah menyebut dua nama pembalap yang siap direkrutnya menggantikan posisi Zarco dimana salah satunya adalah Oliveira. Dan tidak menunggu lama, KTM mengonfirmasi pernyataan Poncharal. Pembalap muda Portugal itu akan melakoni debut MotoGP pada 2019 bersama Tech 3.

“Saya selalu memimpikan MotoGP. Saya menjadikannya sebagai target dan mampu mewujudkannya merupakan sesuatu yang sangat positif. Musim Moto2 masih panjang di depan, dan fakta kesepakatan ini telah tercapai membuat saya tenang dan sangat fokus pada balapan. Saya sudah melewati semua langkah selama kebersamaan Red Bull dan KTM sejak Rookies Cup,’ ungkap pembalap Portugal tersebut seperti rideralam kutip dari motorsport.com (5/5/2018).

Dua Rookie

Ya, Oliveira akan berstatus rookie MotoGP 2019. Hingga saat ini, telah dua pembalap Moto2 yang akan melakoni debut MotoGP musim depan, selain Oliveira sudah hadir lebih dahulu Francesco Bagnaia yang direkrut Pramac Ducati.

Sebelum keduanya naik kelas musim depan, musim ini harus bisa membuktikan bahwa perekrutan mereka tidak salah. Kebetulan keduanya sedang bertarung di Moto2. Hingga seri Amerika lalu, Pecco Bagnaia masih lebih unggul dengan 57 poin dan menempatkannya di puncak klasemen, sedangkan Oliveira di tempat ke-4 dengan selisih 14 poin saja.

Oliveira telah dua kali naik podium yakni di Agentina dan Amerika dimana podium ketiga adalah raihan terbaiknya. Sedangkan Pecco lebih mentereng dengan dua kemenangan di Qatar dan Amerika.

Menarik untuk menunggu kiprah mereka di kelas para raja. Spek motor yang sama sekali berbeda menjadi tantangan tersendiri.

Advertisements