10 Hal Yang Harus Diketahui Jelang Race MotoGP Jerez 2018

10 Hal Yang Harus Diketahui Jelang Race MotoGP Jerez 2018 oleh rideralam.com – Petang nanti race MotoGP di Sirkuit Jerez – Angel Nieto akan dihelat petang nanti. Ini adalah seri keempat MotoGP 2018 dan mengawali balapan di benua Eropa. Kualifikasi menempatkan Cal Crutchlow sebagai peraih pole sitter. Sebelum menikmati balapan seru Jerez, ada baiknya sampeyan simak 10 hal menarik berikut.

1. Pole di Jerez menjadi pole keempat Cal sepanjang karirnya di kelas premier dan pertama di trek kering sejak Brno 2013 lalu. Jika di race nanti Cal menang, maka Ia akan menjadi englishman pertama yang menang dari pole sejak Barry Shane di GP Swedia 1981.

2. Cal adalah pembalap keempat yang meraih pole di 4 seri perdana musim ini. Terakhir kali kejadian serupa di MotoGP terjadi di tahun 2009.

3. Dani Pedrosa akan start di posisi kedua. Ini adalah pertama kalinya dua pembalap Honda start di baris terdepan sejak di Silverstone tahun lalu dan pertama kalinya di posisi 1 dan 2 sejak di Jerez tahun lalu. Di Silverstone 2017 Marquez meraih pole dan Cal di posisi 3, sedangkan di Jerez 2017 ada Pedrosa dan Marquez di posisi start 1 dan 2.

4. Johann Zarco akan start di posisi ketiga atau front row. Ini adalah raihan start front row kedelapan beruntun Zarco sejak meraih pole di Motegi tahun lalu. Pembalap Prancis itu telah dua kali menjadi pembalap Yamaha yang punya start terbaik musim ini.

5. Posisi start keempat Jorge Lorenzo di Jerez adalah yang terbaik sejak gabung Ducati, selain di Valencia 2017. Musim lalu Ia meraih podium pertmanya bersama Ducati di Jerez ini.

6. Start kelima menjadi yang terburuk bagi Marc Marquez di Jerez sejak debutnya di MotoGP 2013 silam. Sebelum musim ini, Ia selalu start front row di Jerez.

7. Pembalap Suzuki dengan start terbaik adalah Alex Rins yang akan start di baris kedua. Jika finish di top 3 nanti, Ia bisa memberikan Suzuki podium ketiga berturut-turut sejak 2008.

8. Start dari baris ketiga bagi Andrea Iannone membuka peluang untuk meraih podium, dimana itu akan menjadi back to back podium pertama bagi dirinya sepanjang karirnya di MotoGP.

9. Andrea Dovizioso akan start dari posisi 8 untuk kedua kalinya beruntun setelah di Austin. Jerez juga menjadi satu dari dua sirkuit yang belum pernah diakhiri dengan podium bagi pembalap asal Italia itu. Satunya adalah Buriram yang baru mengehelat balapan MotoGP tahun ini.

10. Posisi start ke-10 adalah yang terburuk bagi Valentino Rossi setelah ke-13 di tahun 2012 silam. Sekedar informasi, Rossi adalah pembalap paling sukses di Jerez dengan 9 kemenangan.

Nah, itu tadi 10 hal penting yang perlu kita ketahui jelang balapan MotoGP Jerez 2018, Minggu (6/5/2018) petang nanti pukul 19.00 wib live di Trans 7.

Sumber: motogp.com

Advertisements