Moto2: 4 Seri, 3 Pemenang, All Italiano Winner Berkat Rossi!

 

Kemenangan Lorenzo Baldassari di Jerez beberapa saat yang lalu makin mengukuhkan dominasi pembalap-pembalap Italia di Moto2 musim ini. Selain Baldassari, ada dua Italiano lain yang menguasai podium pertama, Francesco Bagnaia dan Mattia Pasini! Kebangkitan Italia?

Moto2 musim ini memang baru berjalan 4 seri. Ada persamaan dari empat seri tersebut yakni semuanya dimenangi pembalap Italia.

Dimulai di seri perdana di Losail, Qatar. Pembalap tim Sky Racing, Peco Bagnaia sukses mengalahkan Baldassari dan Alex Marquez (Spanyol). Kemudian, di seri kedua di Termas de Rio Hondo, giliran pembalap senior Mattia Passini yang unjuk kebolehan. Ia menapaki podium tertinggi setelah mengalahkan Xavi Vierge (Spanyol) dan Miguel Oliveira (Portugal).

Peco Bagnaia kembali menang, kali ini di Austin di Sirkuit COTA. Bagnaia mengalahkan Marquez dan Oliveira. Dan terbaru, Baldassari meneruskan dominasi Italiano di Jerez usai mengalahkan Oliveira dan Bagnaia.

 

Faktor Rossi dan VR46 Academy

Ya, dominasi para Italiano di 4 seri perdana Moto2 musim ini tidak lepas dari usaha seorang legenda hidup Italia, Valentino Rossi. Selain Pasini, Baldassari dan Bagnaia adalah anak didik Rossi di VR46 Academy. Sebuah akademi balap yang didirikan Rossi tahun 2014 atau 3 tahun pasca meninggalnya Marco Simoncelli, sosok yang menginspirasi the doctor dalam pendirian akademi tersebut.

Kini, 4 tahun setelah didirikan, VR46 Academy mulai memetik buahnya. Bagnaia dan Baldassari kini menjelma menjadi kandidat juara Moto2 2018. Selain itu, jangan lupakan pula sosok Franco Morbidelli, murid Rossi pertama yang sukses menembus kelas para raja.

Bukan tidak mungkin, dalam beberapa tahun ke depan Italiano-Italiano tangguh akan bermunculan untuk mengimbangi pembalap-pembalap Spanyol yang dalam beberapa tahun terakhir sangat mendominasi.

Advertisements