Klasemen Pembalap, Konstruktor dan Tim Pasca MotoGP Jerez 2018, Pedrosa Bikin Marquez Sendirian Di Puncak!

Insiden Pedrosa vs Lorenzo yang akhirnya juga berimbas pada Dovizioso membuat Marquez melenggang nyaman di Jerez dengan kemenangan mudah. Sebuah hasil yang membawa sang juara bertahan mengambil alih posisi puncak klasemen pembalap menggeser Dovizioso.

 

Sebelum race Jerez kemarin, Dovi masih memimpin klasemen dengan keunggulan 1 poin dari Marquez di posisi kedua. Namun, kegagalan menambah poin serta hasil maksimal dari Marquez membawa perubahan klasemen.

Dovi harus lengser dari puncak, bahkan kini posisinya harus turun ke peringkat 5. Kini, Dovi tertinggal 24 poin dari Marquez yang telah mengoleksi 70 poin. Pesaing terdekat Marquez kini adalah Johann Zarco, pembalap tim satelit Yamaha.

Finish kedua atau tambahan 20 poin membawa Zarco terbang ke posisi runner up dengan 58 angka atau tertinggal 12 poin saja dari Marquez. Sedangkan tempat ketiga menjadi milik pembalap yamaha, Maverick Vinales yang mengumpulkan 50 poin.

Podium ketiga beruntun Andrea Iannone membawanya naik ke posisi 4 klasemen dengan 47 poin unggul 7 angka dari Valentino Rossi.

Di papan bawah, hingga 4 seri kejuaraan, masih ada dua pembalap yang belum mengoleksi poin sama sekali, yakni du arookie Thomas Luthi dan Xavier Simeon.

Selepas seri Jerez ini, rookie terbaik saat ini berpindah dari Hafizh Syahrin ke Franco Morbidelli. Kini, Morbidelli menduduki peringkat 13 dengan 13 poin unggul 4 angka dari Syahrin dan Takaaki Nakagami.

 

Untuk klasemen konstruktor, Honda makin nyaman dipuncak dengan 95 poin. Hat-trick kemenangan sejak Argentina lalu berhasil menambah poin maksimal 75. Sedangkan Yamaha membuntuti di tempat kedua. Podium kedua untuk ketiga kalinya beruntun melalui Zarco (2 kali) dan Vinales membuat tim garpu tala mengoleksi 76 angka.

Untuk klasemen tim, poin yang diambil adalah hasil dari kedua pembalap. Di Jerez, Honda sukses menambah 25 poin hanya dari finish pertama Marquez, sedangkan Yamaha 20 poin dari finish kelima Rossi dan ketujuh Vinales.

Movistar Yamaha masih memimpin dengan keunggulan hanya 2 angka dari Repsol Honda. Yang apes adalah Ducati Team yang akhirnya gagal menambah koleksi poin usai kedua pembalapnya gagal finish. Posisi Ducati kini keenam di bawah tim satelit mereka, Alma Pramac, Monster Yamaha Tech 3 dan Team Suzuki Ecstar.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*