Jelang WSSP300 Imola: Limiter KTM390 dan Ninja400 DIkurangi Lagi, Bakal Seimbang?

ktm indonesia

Galang Hendra akan memulai petualangan ketiganya di World Supersport 300 (WSSP300) di Sirkuit Imola, Italia, akhir pekan ini. Kendati sempat menampilkan performa cukup menjanjikan di Aragon namun keberingasan performa KTM dan Kawasaki menghancurkan segalanya. Bayangkan saja, posisi 1-14 dikuasai dua pabrikan itu, padahal tahun lalu Yamaha R3 masih bisa mengimbangi dua tipe beda merk itu.

Hasil Aragon akhirnya membuat Dorna dan panitia teknik mengubah regulasi. Mereka salah perhitungan sebab di sesi tes pramusim mereka menganggap R3 bisa mengimbangi RC390 dan Ninja400. Nyatanya, saat lomba jauh. Maka mereka mengatur ulang limiter dari Aragon pada dua merk tadi. Di Aragon itu limiter ECU-nya 12.000 rpm.

“Saat masuk Assen (ronde 2) ditekan jadi 11.450 rpm. Ternyata sedikit pengaruhnya di Assen. Kawasaki 400 dan KTM 390 masih sulit dilawan. Ini pun mendapat protes dan diterima panitia,” sebut Wahyu Rusmayadi, manajer Yamaha Racing Indonesia yang mendampingi Galang ke sana seperti dikutip dari maniakmotor.com (8/5/2018).

Jika mengacu pada hasil pengurangan batas limiter dari 7leopold7.com koq berbeda ya. Nih datanya:

Limiter di Assen

Namun, ternyata pengurangan limiter di Assen tidak banyak berpengaruh. KTM390 dan Ninja400 masih tidak terkejar sehingga panitia kembali memutuskan akan menurunkan batas limiter mesin dua motor tadi hingga 8%. Di Assen, KTM390 finish 1-2 kemudian disusul Ninja400 di posisi 3-7 dan R3 baru bisa di posisi 9 ke bawah. Walau pada akhirnya hasil race ditangguhkan akibat dugaan kecurangan pada motor KTM390, tapi kondisi di lintasan memang R3 sangat tidak berdaya.

Nah, jika kembali ada penurunan limiter 8% di Imola nanti, maka akan menjadi:

Limiter WSSP300 Imola

Nah, apakah dengan pengurangan batas limiter untuk kedua kalinya ini bisa meredam keberingasan KTM RC390R dan Kawasaki Ninja 400 di Imola nanti? Apakah kondisi ini bisa dimanfaatkan Honda CBR500R dan Yamaha R3 untuk kembali bersaing di baris depan, seperti yang dilakukan musim lalu? Terakhir, apakah Galang Hendra bisa mengoptimalkan regulasi anyar Dorna ini untuk meraih poin perdana musim ini?

Kita tunggu saja akhir pekan ini di Imola. World Supersport 300 seri ketiga akan kembali digelar. Pembalap Indonesia yang sudah meraih poin adalah Ali Adrian (3 poin) hasil finish ke-13 di Assen.

Advertisements