Motor Sama, Kalah Prioritas, Tapi Tetap Unggul Zarco, Faktor Lorenzo Nih!

ktm indonesia

Pernyataan mengejutkan keluar dari bos tim Movistar Yamaha, Lin Jarvis, yang menyebutkan bahwa M1 Zarco punya spesifikasi yang sama dengan yang digunakan Rossi dan Vinales. Wah, ternyata dugaan selama ini jika Zarco pakai M1 2017 atau bahkan 2016 salah, pada faktualnya Zarco pakai motor yang sama dengan spek M1 tim Yamaha Factory. Lalu, pertanyaannya mengapa Zarco lebih baik dari Rossi dan Vinales hingga 4 seri pembuka musim ini?

Lebih lanjut Jarvis menyebutkan ada 3 komponen utama sebuah motor balap, termasuk di YZR-M1 yakni fairing aerodinamika, sasis dan mesin 4 inline. Dan ketiganya sama baik di M1 Zarco maupun M1 Rossi dan M1 Vinales. Lalu apanya yang beda?

Jarvis lebih lanjut menjelaskan perbedaan keduanya adalah soal prioritas ujicoba jika ada part baru dari divisi RnD Yamaha dimana tim pabrikan berhak lebih dulu menggunakannya dibanding tim satelit. Nah, kembali ke pertanyaan awal, mengapa Zarco lebih kompetitif?

Hingga seri Jerez kemarin, Zarco telah dua kali finish runner up. Sebuah hasil positif dibanding torehan Rossi yang baru sekali podium ketiga dan Vinales yang belum merasakan top 3. Belum lagi jika mengikuti perkembangan MotoGP sejak awal musim, baik Rossi maupun Vinales lwbih sering mengeluhkan performa M1 mereka, yang kurang tenaga lah, yang less grip lah hingga masalah elektronika yang tidak kelar-kelar. Zarco? nyaris nihil keluhan.

Menurut Jarvis, Zarco bisa lebih baik karena lebih fokus terhadap part yang digunakan sedangkan Rossi dan Vinales terus mencoba part baru. Agak absurd juga ya jawabannya, simpelnya begini, kalau ada part yang sudah berhasil meraih hasil bagus, kenapa tidak menggunakannya terus, tidak usah atau setidaknya dipending dulu part-part baru yang akan diuji. Sudah bagus koq nyari yang lain. Kira-kira begitu.

Atau jangan-jangan Zarco memang lebih baik dari Rossi dan Vinales? Ingat, Zarco pernah berujar bahwa Ia belajar riding style Jorge Lorenzo, pembalap yang paling sukses menaklukkan Yamaha M1 dalam 10 tahun terakhir. Bisa jadi, inilah faktor yang berperan besar membawa Zarco lebih baik dari Rossi dan Vinales selama ini, sama dengan yang dilakukan Lorenzo sebelum hengkang ke Ducati.

Advertisements