Klasemen Pembalap, Konstruktor dan Team MotoGP 2018 Pasca Le Mans

Marc Marquez makin mengokohkan posisinya di puncak klasemen pembalap MotoGP 2018 usai menang di Le Mans. Kemenangan ketiga beruntun dalam 5 seri pembuka MotoGP 2018 yang diraih Marquez membawanya kini meraih 95 angka dari maksimal 125 angka.

Marquez hanya kehilangan 30 angka dimana 5 angka saat “hanya” menjadi runner up di seri pembuka Qatar dan 25 angka saat mendapat hukuman penalti 30 detik yang membuatnya finish ke-18 di Argentina. Selebihnya, Marquez meraih angka sempurna termasuk di Le Mans beberapa saat yang lalu.

Kini jarak Marquez dengan runner up yang ditempati Maverick Vinales mencapai 36 angka.

Pertarungan ketat justru untuk memperebutkan posisi runner up. Ada 4 pembalap di posisi 2 sampai 5 dengan selisih hanya 5 angka. Vinales yang menduduki posisi runner up mengumpulkan 59 angka, Johann Zarco yang gagal finish di balapan rumahnya di posisi ketiga dengan 58 angka, Valentino Rossi yang meraih podium keduanya musim ini tadi malam di tempat keempat dengan 56 poin dan Danilo Petrucci dengan 54 angka di posisi kelima.

Kegagalan finish beruntun Andrea Dovizioso di Jerez dan Le Mans membawanya kini hanya menempati posisi ke-9 dengan 46 angka. Dua pembalap tim pabrikan Ducati kini justru kalah dari dua pembalap tim satelitnya. Selain Petrucci di tempat kelima, ada pula Jack Miller yang menempati posisi keenam dengan 49 angka. Lorenzo? Ada di posisi 14 dengan 16 angka. Miris!

Bagaimana dengan klasemen konstruktor dan tim? Kemenangan Marquez membawa Honda kini makin jauh memimpin konstruktor dengan 120 poin atau dengan kata lain Honda hanya kehilangan 5 poin dari kemungkinan maksimal 125 poin. 5 seri awal musim ini hanya Qatar yang tidak dimenangi Honda, sisanya sapu bersih lewat Crutchlow (Argentina) dan Marquez sisanya.

Yamaha menempati posisi kedua dengan 92 angka dan Ducati ketiga dengan 82 angka.

Untuk tim, Repsol Honda berkibar di atas denan 124 angka, diikuti Movistar Yamaha 9 angka di belakangnya dan kejutan Almac Pramac Racing yang berada di tempat ketiga dengan 103 angka. Alma Pramac mengalahkan tim pabrikannya, Ducati Team yang terpuruk di posisi keenam, di bawah Monster Yamaha Tech 3 (4) dan Suzuki Ecstar (5).

Seri keenam MotoGP 2018 akan dilangsungkan di Sirkuit Mugello, Italia. Ini adalah balapan kandang bagi Ducati dan tentu saja bagi Rossi. MotoGP Italia akan dilangsungkan 1-3 Juni 2018. Hingga seri kelima, Yamaha belum sekalipun menang dimana distribusi kemenangan 4 kali untuk Honda dan sekali Ducati. Bisa bangkit? Pesimis cak!

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.