Benarkah Mulai Senin Kemarin Pertalite Naik Lagi Atau Hanya Hoax?

Cak, sampeyan dengar gak dalam 1-2 hari terakhir ada kabar kenaikan harga Pertalite yang mencapai Rp350,-/liter? Angka yang cukup besar sebab biasanya kenaikan pertalite atau pertamax sepanjang 2018 ini di kisaran Rp100-200 saja. Jadi, emang bener ya Pertalite naik lagi?

Jujur nih, kenaikan Pertalite atau Pertamax sedikit banyak mempengaruhi tebal tipisnya dompet cak, maklum motor tunggangan harian pakainya ya dua jenis bbm itu. Jadi, efeknya langsung terasa.

Nah, di tahun 2018 ini kenaikan Pertalite dan Pertamax hingga Mei ini tercatat 3 kali yakni per-20 Januari, 24 Februari dan 24 Maret. Jadi, kenaikan terakhir ada di Maret lalu. Lalu, tiba-tiba ada kabar di Mei ini Pertalite naik lagi seperti di awal artikel yang sampeyan baca ini. Benarkah?

Untuk memastikan kebenaran kabar tersebut, RA memilih cek dan ricek dulu ke website resmi pertamina. Nah, di sana ada menu (link) ANNOUNCEMENT yang jika sampeyan klik isinya berupa pengumuman daftar harga bbk (bahan bakar khusus). Tanggal tmt merupakan tanggal kenaikan bbk tersebut. Linknya di sini.

Ternyata tmt terakhir adalah 24 Maret 2018 atau dengan kata lain, pengumuman kenaikan Pertalite dan Pertamax terakhir di tangga itu. Jadi, jika di bulan Mei ini ada isu kenaikan Pertalite, sangat meragukan kebenarannya. Dan ternyata benar, isu kenaikan Pertalite di bulan Mei ini hanyalah bohong alias hoax!

Dikutip dari tribunnews.com (21/5/2018), Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyebut kenaikan Pertalite mulai Senin (21/5/2018) adalah hoax.

“Tidak benar itu yang soal Pertalite, hoaks. Jadi kami laporkan website hoaks itu ke situs khusus untuk melapor berita hoaks,” kata Adiatma.

Wah, kira-kira media mana ya cak yang telah bohong memberitakan kenaikan Pertalite bulan Mei ini? Ada yang tahu? Kurang ajar juga nih media, isu sensitif begini dibuat mainan. Nah, buat pembelajaran ke kita nih cak, termasuk RA sendiri, jika ada isu di luar sana, entah sangat sensitif atau sensitif, kita cari tahu kebenarannya dulu ya, jangan langsung ditelan mentah-mentah apalagi pakai digoreng-goreng segala.

Nah, soal kenaikan bahan bakar minyak, baik Pertalite, Pertamax atau bahkan solar dan konco-konconya, monggo nge-ceknya di link yang sudah ada di atas.

Advertisements