Hasil Final Liga Champions 2018, Madrid Hattrick Juara!

Final Liga Champions Eropa antara Liverpool vs Real Madrid berakhir imbang tanpa gol di babak pertama. Di babak kedua 4 gol tercipta. Bertanding di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (26/5) pukul 02.00 wib, Real Madrid akhirnya keluar sebagai juara Liga Champions 2018. Hattrick Juara!

Real Madrid menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 62% berbanding 38% Liverpool di 45 menit pertama. Namun, efektivitas tendangan ke gawang kedua tim sama yakni maaing-masing 1 kali.

Pertandingan berakhir lebih cepat bagi bintang Liverpool, Mohammad Salah. Usai berduel dengan Sergio Ramos di menit 20-an, Salah yang terjatuh mengerang kesakitan di bagian pundaknya. Setelah sempat mendapat perawatan dan kembali ke lapangan permainan, akhirnya cedera yang dialami bintang Mesir itu nampak parah. Ia kesakitan dan akhirnya ditarik keluar untuk digantikan Adam Llalana.

Tidak hanya Liverpool, Madrid pun kehilangan satu pemain di babak pertama. Adalah Dani Carvajal, bek kanan yang ditarik keluar setelah mengalami cedera pada pergelangan kaki kanannya. Ia nampak mengerang kesakitan dan menangis ketika tim medis memeriksa kondisinya pasca terjatuh. Akhirnya, Carvajal harus merelakan laga final tahun ini hanya bertahan setengah jam saja. Ia terus menangis saat menuju ruang ganti. Nacho masuk menggantikan Carvajal.

Real Madrid sempat mencetak gol di penghujung laga melalui bola rebound Karim Benzema. Umpan Isco dari sisi kiri Liverpool disundul dengan sempurna oleh Cristiano Ronaldo, sayang sundulannya ditepis Lorius Karius. Bola pantul langsung disambar Benzema untuk menjebol gawang Liverpool. Dalam tayangan ulang nampak Ronaldo lebih dulu terperangkap offside saat menyundul bola Isco. Pun ketika Benzema menerima bola rebound juga offside walau sangat tipis.

Babak Kedua

Real Madrid membuka keunggulan lewat Benzema di menit 51. Namun, Sadio Mane menyamakan skor setelah membobol gawang Keylor Navas di menit 55.

Menit 60 Gareth Bale masuk menggantikan Isco. Kini Zinedine Zidane menggunakan formasi 3-4-3 dengan trisula BBC (Benzema, Bale, CR7) di depan.

Keputusan yang tepat. Baru masuk 3 menit, Bale langsung menjebol gawang Liverpool lewat gol salto di menit 63. Gol bermula dari umpan lambung Marcelo dari sisi kanan Liverpool, tanpa diduga Bale langsung melakukan bycycle kick dan bola meluncur deras ke pojok kanan atas Karius. Madrid kembali unggul 2-1. Good job, Bale!

Gol Bale mengingatkan kita pada gol serupa yang diciptakan Ronaldo di final Liga Champions tahun lalu ke gawang Juventus ya.

Liverpool tak tinggal diam. Menit 70 sontekan Mane nyaris menyamakan skor. Bola datar melengkung sudah di luar jangkauan Navas, sayang tiang gawang masih menjadi penghalang terakhir.

Menit 83 gol tercipta untuk Madrid. Sebuah kesalahan fatal dilakukan Karius. Bola tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Bale tidak mampu diamankan dengan sempurna. Bola terlepas dari tangkapannya dan meluncur masuk ke gawang. Liverpool makin tertinggal.

Dan, tidak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Real Madrid Juara Liga Champions 2018. Ini adalah gelar ketiga beruntun sejak 2016 dan keempat dalam 5 tahun terakhir. Hala Madrid!

Bagi Liverpool, kegagalan di final kali ini mengulang memori 11 tahun silam kala dikandaskan Milan 1-2 di Athena, Yunani.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.