Dovi Fastest Man, Inilah 5 Top Speed Terkencang di MotoGP!

Andrea Dovizioso baru saja memecahkan rekor top speed MotoGP di FP2 Mugello, Jumat (1/6/2018). Dovi memecahkan rekor yang diciptakan Andrea Iannone tahun 2016. Lalu, siapakah pemegang rekor top speed sebelumnya?

Motor-motor MotoGP semakin lama semakin kencang. Kecepatan Dovi dengan Desmosedici GP18 adalah 356,5 km/jam. Itu merupakan tonggak baru sejarah balap motor dengan semua evolusi teknologi yang terjadi di dalamnya. Bahkan, bukan tidak mungkin rekor Dovi masih akan tumbang beberapa waktu ke depan.

“Selalu spesial ketika mencapai angka tertentu, tapi dengan segala respek, hal itu bukanlah aspek penting sebagai pembalap. Perasaan tetap sama walau Anda mencapai 347 km/jam atau 357 km/jam,” ujar Dovi kepada motogp.com (1/6/2018).

motogp.com

Rekor Dovi memecahkan top speed sebelumnya atas nama sang kompatriot saat masih di Ducati, Iannone, yang dicetaknya tahun 2016. Top Speed Iannone kala itu adalah 354,9 km/jam.

motogp.com

Sedangkan, posisi ketiga ditempati pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, dengan 354,7 km/jam yang diciotakannya tahun lalu. Tiga rekor di atas semuanya menggunakan motor Ducati dan dilakukan di Mugello.

motogp.com

Rekor top speed keempat dicetak di luar trek Italia yakni melalui Danilo Petrucci (351,9 km/jam) yang dibuatnya di Sirkuit Losail, Qatar. Iannone juga pemegang rekor top speed kelima dengan 351,2 km/jam yang dibuatnya juga di Losail.

motogp.com

Ada dua kesimpulan dari daftar rekor top speed MotoGP di atas yakni pertama Ducati menjadi mesin motor paling kencang untuk urusan trek lurus. Ini tidak bisa dibantah lagi, 5 daftar teratas kelimanya adalah Ducati.

Kedua, Sirkuit Mugello menasbihkan diri sebagai sirkuit terkencang di MotoGP saat ini, Losail berikutnya.

 

Advertisements