10 Hal Wajib Diketahui Jelang Balapan Mugello

ktm indonesia

Race MotoGP Italia akan menjadi pertarungan seru tahun ini. Dengan jagoan tuan rumah, Valentino Rossi, yang akan start dari pole, starting grid Mugello kali ini sedikit berbeda. Balapan di hari minggu menjanjikan pertarungan menarik, inilah alasannya.

1 Pole position yang diraih Rossi di balapan kandang kali ini adalah yang ke-65 sepanjang karirnya, menyamai torehan Jorge Lorenzo. Marc Marquez memimpin dengan 74 kali pole. Bisa dimaklumi, Rossi bukanlah pembalap cepat di kualifikasi.

2 Rossi meraih pole di usia 39 tahun 106 hari menjadikannya pole sitter tertua di kelas premier setelah Jack Findlay tahun 1974 (39 tahun, 121 hari).

3 Sebelum meraih pole ke-65, prestasi Rossi di 64 pole sebelumnya adalah 41 kali menang dengan 55 podium dengan rataan posisi inish 1,68.

4 Posisi start kedua di Mugello adalah untuk keempat kalinya Jorge Lorenzo start di baris depan sejak bergabung dengan Ducati. Tahun lalu di Mugello, Lorenzo sempat memimpin balapan di lap kedua dan ketiga sebelum drop ke posisi 8.

5 Setelah harus melewati Q1, Maverick Vinales yang tahun lalu merebut pole di Mugello akan start dari baris depan (P3). Ini adalah kedua kalinya Vinales start di baris depan musim ini setelah di Austin.

6 Andrea Iannone memimpin baris kedua grid untuk balapan kedua berturut-turut setelah Le Mans. Jika bisa memenangi balapan kali ini, Iannone akan mengikuti jejak pembalap Suzuki, Kevin Schwantz yang menang di Mugello tahun 1992 atau yang pertama naik podium di Mugello sejak Daryl Beattie (P2) pada 1995

7 Start kelima Danilo Petrucci menjadi pembalap independen terbaik dimana tahun lalu di Mugello Ia finish ketiga sekaligus podium pertamanya di balapan kering.

8 Start keenam Marc Marquez mengulang posisi yang sama di Mugello tahun lalu, juga menyamai start terburuknya tahun ini di Argentina lalu.

9 Dani Pedrosa yang start dari posisi 20 merupakan posisi start terburuknya sejak berkompetisi di kelas premier 2006 silam.

10 Lima belas balapan MotoGP terakhir hanya dimenangkan oleh pembalap Ducati atau Honda. Pembalap non-Honda atau Ducati terakhir yang memenangkan balapan MotoGP adalah Valentino Rossi di Assen tahun lalu.

 

Advertisements