Klasemen MotoGP 2018: Pembalap, Konstruktor dan Tim Pasca Mugello

Jorge Lorenzo akhirnya bisa mempersembahkan kemenangan bagi Ducati sejak bergabung tahun lalu. Namun, kemenangan tersebut belum mampu mengangkat posisinya ke papan atas klasemen pembalap. Tambahan 25 poin membuat poin x-fuera kini menjadi 41 dan menempati peringkat 10 klasemen.

Jika Lorenzo masih berkutat di papan tengah, lain lagi dengan Valentino Rossi. Finish podium sekaligus mencapai milestone menembus 5.000 poin di kelas MotoGP membuat posisinya kini naik ke peringkat 2 tepat di bawah Marc Marquez sang pemuncak. Tambahan 16 poin membuat poin Rossi kini 72 selisih 23 angka dari Marquez.

 

Sementara itu setelah puasa poin di dua seri sebelumnya, finish kedua di Mugello bagi Andrea Dovizioso membuatnya kini nangkring di posisi keempat klasemen dengan 66 angka. Ia masih belum bisa menggeser Maverick Vinales yang belum juga menemukan kembali kecepatannya setelah hanya finish ke-8. Vinales menduduki peringkat 3 klasemen dengan 67 angka.

Melongok ke persaingan pembalap independen, Johann Zarco masih menjadi yang terbaik dengan 64 poin di peringkat 5, unggul hanya 1 angka saja dari Petrucci. Cal Crutchlow menempati posisi ketiga terbaik kategori pembalap independen dengan 56 angka di peringkat 8.

Untuk para rookie, persaingan menjadi yang terbaik terjadi antara Hafizh Syahrin dan Franco Morbidelli. Sebelum Mugello, Morbidelli mengungguli Syahrin di klasemen, namun finish ke-15 Morbi dan ke-12 Syahrin di Mugello membuat keduanya kini sama-sama mengoleksi 17 poin berurutan di posisi 16 dan 17. Sedangkan Takaaki Nakagami mengoleksi 10 poin di peringkat 19. Dua rookie lainnya, Thomas Luthi dan Xavier Simeon masih belum pecah telur hingga seri keenam musim ini alias masih nol!

Untuk klasemen konstruktor Honda masih kokoh di puncak dengan 130 poin. Walau Marquez dan Pedrosa gagal menambah poin, masih ada Cal Crutchlow yang finish ke-6 untuk menyumbang tambahan 10 poin. Yamaha di peringkat kedua berkat tambahan 16 angka dari Rossi. Sedangkan Ducati berkat kemenangan Lorenzo, 25 poin ditambahkan dan kini telah berjumlah 107 atau hanya selisih 1 poin saja dari Yamaha.

Movistar Yamaha MotoGP kini mengambil alih puncak klasemen tim dari Repsol Honda. Finish ketiga Rossi dan kedelapan Vinales menambah punci-pundi poin Movistar Yamaha sebanyak 24 poin dan kini telah mengoleksi 139 poin. Repsol Honda yang kedua pembalapnya gagal menambah angka tergeser ke posisi runner denga tetap 124 poin.

Tambahan poin sempurna, 45, dari finish 1-2 Lorenzo-Dovi masih belum berhasil menggeser Alma Pramac Racing dari peringkat 3. Ducati Team kini mengoleksi 107 angka tertinggal 5 angka saja dari Pramac.

Advertisements