Akhirnya Marquez Jajal Mobil F1, Webber Sang Instruktur Mengaku Takjub!

Cak, seperti disebutkan sebelumnya bahwa Marc Marquez akan menjajal mobil F1 mengikuti jejak Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, akhirnya pada Selasa, (5/6/2018) hal itu menjadi kenyataan. Juara dunia 4 kali MotoGP itu mendapatkan kesempatan langka menggeber mobil F1. Menurut laman motorsport.com (6/6/2018) mobil yang digeber Marquez adalah mobil Red Bull berkode RB8 yang dibaluti corak warna Toro Rosso-Honda.

Toro Rosso itu seperti tim satelit di MotoGP yakni tim satelit Red Bull Racing. Tes dilakukan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria dengan instruktur mantan pembalap Red Bull Racing, Marx Webber dan disaksikan legenda F1, Niki Lauda.

Sebelum menjajal mobil F1 tersebut, Marquez mengaku sulit tidur di malam sebelumnya. Ia gugup dan excited menantikan kesempatan langka tersebut. Bahkan, Ia menyebut lebih susah tidur dibanding saat akan membalap di MotoGP.

“Saya sangat, sangat gugup. Pagi sebelum uji coba juga sempat merasakannya. Lebih susah tidur ketimbang saat ingin balapan MotoGP,” kata Marquez dilansir dari kompas.com (6/6/2018).

Lalu, bagaimana performa Marquez di dalam kockpit STR17 apakah segarang layaknya di atas RC213V? Tentu saja membandingkan keduanya tidaklah pas, yang satu bidang baru hanya sekedar mencoba, satunya adalah memang dunianya sehari-hari.

Namun, menurut Webber, Marquez bisa cepat juga dengan mobil F1. Bahkan, bisa memangkas waktu di beberapa titik.

“Sungguh impresif, karena untuk roda dua, Marc sudah berada di level tertingginya. Jadi ketika dia datang dan mengemudikan mobil Formula 1, cara dia membukukan waktu sungguh berbeda,” ungkap Webber.

Menurut motorsport, catatan waktu terbaik Marquez adalah 1 menit 14,9 detik atau lebih lambat 10 detik dari torehan pole Valtteri Bottas pada GP Austria tahun lalu. Tapi Marquez mengemudikan mobil ‘eksibisi’ 2012 dengan kompon keras tanpa bantuan DRS dan ditenagai mesin V8 tanpa KERS. Lumayan juga ya…

Oh iya, Marquez menghabiskan 43 lap di atas RB8.

“Sepanjang hari ini saya tidak bisa berhenti senyum! Benar-benar pengalaman yang hebat,” ujar Marquez.

Wah, kira-kira ada rencana mencoba kompetisi F1 gak nih, Marc?

Advertisements