Usai Cetak Quattrick, Honda Langsung Jeblok di Mugello, Sabotase?

Ya, sejak Argentina di seri kedua Honda sangat perkasa dengan memenangi seluruh balapan hingga Le Mans. Marc Marquez bahkan mencetak Hattrick di Austin, Jerez dan Le Mans. Dengan satu kemenangan Cal Crutchlow di Argentina, praktis hanya Andrea Dovizioso yang mampu mencuri kemenangan satu-satunya di seri pembuka Qatar. Namun, ketika memasuki seri keenam di Mugello, semua kehebatan itu sirna.

Jangankan meraih kemenangan, sekedar melihat bendera finish dikibarkan saja sudah begitu kesulitan. Praktis hanya Cal dan Franco Morbidelli yang bisa merasakan ‘nikmatnya’ finish. Sisanya gagal, baik Takaaki Nakagami, Thomas Luthi, Dani Pedrosa bahkan Marc Marquez sekalipun. Eh Marquez finish sih tapi di luar zona poin yakni peringkat 16. Anggap saja gagal lah ya cak, sekelas Marquez koq finish ke-16.

Hasil minor skuat HRC di Mugello tak terlepas dari ban yang disiapkan Michelin untuk akhir pekan MotoGP Italia. Produsen ban asal Prancis itu menyediakan ban hard asimetris yang lebih keras pada bagian kanan, dan digunakan oleh Marquez ketika balapan. Sabotase? Ya gak lah, tuduhan lebay itu mah…

Contohnya Marquez, tanpa ada tanda-tanda bermasalah, tiba-tiba ndlosor aja padahal kejadiannya di tikungan yang tidak butuh miring-miring ekstrem, belum lagi kecepatannya saat itu juga tidak kencang-kencang amat.

Contoh lainnya adalah Morbidelli. Rookie yang memperkuat Marc VDS itu begitu kesulitan untuk mendapatkan posisi finish yang oke. Start dari posisi 12, Morbi malah finish ke-15 alias drop 3 posisi.

Terkait pilihan ban, Morbi bahkan menganalogikan dua pilihan ban yang disediakan Michelin di Mugello seperti memilih yang terbaik dari yang buruk. “Kami harus memilih satu dari dua pilihan buruk,” ungkap rookie asal Italia itu.

Sementara itu, Crutchlow yang menjadi rider Honda terbaik di Mugello (finish keenam), juga menyesali keputusannya memilih ban. “Kami tahu medium akan menjadi ban kami saat balapan, tapi saya rasa itu merupakan keputusan salah,” ungkapnya seperti dikutip dari motorsport.com (8/6/2018).

Balapan di Mugello sendiri akhirnya dimenangkan oleh Jorge Lorenzo yang menjadi kemenangan perdananya bersama Ducati.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.