Klasemen World Supersport 300 Setelah Seri Brno, Galang Hendra Malesat!

Situs resmi ajang World Supersport 300 yang masih satu induk dengan World Superbike menyebut Galang Hendra Pratama (GHP) sensasional setelah memenangkan race Supersport 300 di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, Minggu (10/6/2018). Tidak berlebihan memang jika melihat apa yang sudah dilakukan GHP sepanjang akhir pekan kemarin di Brno. Hasil sensasional GHP di Brno membawanya melonjak di klasemen pembalap.

Sensasionalnya GHP dimulai dari sesi latihan bebas pertama Jumat. Di FP1 GHP langsung keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 2’18,041. Tidak hanya tercepat, tapi GHP juga meninggalkan pesaing terdekatnya, Luca Grundwald di posisi kedua, dengan gap hampir 1 detik atau tepatnya 0,744 detik.

 

Jika sampeyan menganggap raihan GHP di FP1 Supersport 300 Brno sebuah kebetulan, tidak salah juga sebab selama ini performa YZF-R3 kalah dari Kawasaki Ninja 400 atau KTM RC390R. Posisi terbaik GHP di latihan bebas 4 seri sebelumnya hanyalah posisi 2. Tapi, GHP kembali tampil tercepat di FP2. Ini bukan kebetulan, GHP dan R3 sedang on fire! Di FP2, best laptime GHP memang menurun dibanding FP1 yakni 2’18,312. Tapi ini juga sudah cukup membawanya di posisi terdepan sebab di posisi kedua hanya 2’18,400 yang kali ini ditempati Scott Deroue dengan Ninja 400.

Jujur, RA masih belum percaya dengan capaian GHP ini. Tercepat di FP1 dan FP2 sehingga otomatis masuk Superpole 2 untuk memperebutkan posisi start terdepan, masih belum 100% percaya dan yakin akan konsisten di kualifikasi. Sebelum-sebelumnya, GHP memang selalu lolos Superpole 2, namun saat menjalani kualifikasi tersebut, GHP selalu keteteran. Posisi start terbaiknya hanya di posisi 10 saat di Assen dan Imola. Namun, keraguan mulai terkikis saat Yamaha R3 bernomor 55 mencetak fastest lap di Superpole 2 dengan 2’17,398. Catatan ini nyaris lebih cepat 1 detik dari yang diraihnya di latihan bebas! Potensi juara mulai tercium.

Sesi warm up yang sebelum Brno ini nyaris tidak pernah RA perhatikan, namun gara-gara GHP selalu tercepat di 3 sesi sebelumnya kini menjadi titik perhatian. Penasaran cak, apakah GHP bisa kembali terkencang. Dan ternyata lagi-lagi R3 #55 keluar sebagai yang tercepat. Ediaann… ini sih bukan kebetulan, kesempatan menang sangat terbuka lebar. Kemenangan perdana musim ini atau kedua bagi GHP setelah pertama kali meraihnya di Jerez musim lalu saat masih berstatus pembalap wild card.

Akhirnya, rasa penasaran mencapai klimaksnya di sesi race. Inilah pembuktian sesungguhnya dari penampilan impresif GHP sejak Jumat. Apakah bisa dikonversi menjadi kemenangan atau justru kembali kesulitan menghadapi serbuan pembalap dengan motor kencang Ninja 400 dan RC390R.

Selepas lampu start padam, GHP melesat ke depan. Namun, memasuki tikungan 1 Ia disalip oleh pembalap Ninja 400 yang kini memimpin klasemen, Ana Carrasco, pemenang dua seri sebelumnya. Wah, jangan-jangan nasib GHP akan sama dengan balapan-balapan sebelumnya, makin tercecer ke belakang.

Tapi, nyatanya tidak. Hanya butuh dua tikungan bagi GHP untuk kembali mengambil alih posisi terdepan dari Ana. Selepas itu, perlahan tapi pasti pembalap Magelang itu menambah gap dengan pembalap di belakangnya. Lap 3, GHP sudah unggul 1,7 detik dari posisi kedua, Scott Deroue. Awal lap 4 makin lebar menjadi 3 detik.

Awal lap 5 jarak makin lebar menjadi 4,15 detik. Kali ini GHP berada di depan dua pembalap wanita, Ana dan Maria Herrera (YZF-R3). Lap 7 menjadi 4,5 detik sebelum akhirnya steward mengibarkan red flag petanda balapan dihentikan akibat adanya crash Ali Adrian.

Galang Hendra Pratama mencetak sejarah. Pembalap non Eropa pertama yang menang di Brno. Kemenangan perdana musim ini. Akhir pekan yang fantastis dan sensasional dari Galang Hendra Pratama! Lagu Indonesia Raya berkumandang (sayang tidak sampai selesai, kepanjangan kali ya). Makin sensasional setelah melihat gap finish GHP dan pembalap di belakangnya!

Dan di klasemen, posisi GHP kini naik ke peringkat 8 dengan 43 poin setelah sebelumnya di peringkat 13 dengan 18 angka. Di puncak, Ana masih unggul 20 poin dengan 78 angka. Posisi kedua dihuni Borja Sanchez yang konsisten selalu naik podium di 3 seri terakhir dengan raihan 58 angka.

Berikut Top 10 Klasemen WSSP300 2018 setelah seri Brno, Ceko:

  1. Ana Carrasco – Kawasaki – 78 poin
  2. Borja Sanchez – Kawasaki – 58
  3. Luca Grunwald – KTM – 57
  4. Scott Deroue – Kawasaki – 55
  5. Koen Meuffels – KTM – 49
  6. Glenn van Straalen – KTM – 47
  7. Dorren Loureiro – Kawasaki – 46
  8. Galang Hendra – Yamaha – 43
  9. Walid Khan – Kawasaki – 42
  10. Nick Kalinin – Kawasaki – 33

Merinding, cak!

Advertisements