Resmi: Suzuki Kontrak Joan Mir, Brondong Semua Nih!

Setelah minggu kemarin sempat ramai rumor akan bergabung dengan Suzuki menggantikan posisi Andrea Iannone, Joan Mir akhirnya resmi diikat oleh pabrikan Hamamatsu itu untuk durasi kerja 2019-2020. Ya, Joan Mir akhirnya bergabung dengan Suzuki Ecstar untuk melengkapi skuad muda mereka dengan Alex Rins yang sudah lebih dulu bergabung musim lalu.

Pembalap berusia 20 tahun itu akan bergabung dengan Alex Rins dan seluruh kru Suzuki Ecstar mulai musim depan. Tidak disebutkan berapa nilai kontrak Mir di Suzuki. Namun, langkah Suzuki menggaet pembalap asal Palma de Mallorca itu semakin menegaskan skuad muda yang terus dibidik. Tahun lalu, Alex Rins juga direkrut saat masih berusia 22 tahun.

Mir merupakan juara bertahan Moto3 musim lalu. Ia menjadi pembalap kedua setelah Marc Marquez yang berhasil mengoleksi 10 kemenangan sepanjang musim di kelas di bawah MotoGP. Mir melakoni debut Moto3 tahun 2015. Tahun 2016 Ia masih meneruskan kiprahnya di kelas terbawah itu dengan 3 podium, masing-masing sekali untuk podium 1, 2 dan 3. Baru di tahun 2017, Ia meledak dan merebut titel juara dunia dengan 13 podium; 10 kemenangan, 2 runner up dan 1 podium 3.

Tahun ini Ia naik kelas ke Moto2. Di musim debutnya ini Ia telah dua kali naik podium dan menempati posisi kelima di klasemen.

“Sebagai tim kami selalu berusaha untuk melihat rencana pengembangan jangka panjang, yang juga mencakup beberapa taruhan pada pembalap muda yang kami rasa dapat menjadi investasi untuk masa depan,” jelas Shinichi Sahara, Pemimpin Proyek Suzuki Ecstar. “Dia adalah bakat muda yang ingin kami tumbuhkan dan membantu kami mengembangkan GSX-RR dan tim bersamanya”.

Dengan bergabungnya Mir, maka makin jelas arah pengembangan Suzuki yakni menciptakan tim untuk masa depan.

“Manajemen Suzuki mendorong kami untuk mengejar ‘filosofi pembalap muda’ dan dengan Joan saya pikir kami menemukan protagonis yang sempurna untuk peran ini. Dengan Alex dan Joan kami memiliki dua pembalap yang sangat berbakat dan target kami adalah menciptakan tim yang kuat untuk masa depan,” ujar Davide Brivio.

Welcome, Mir!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.