Terkatung-Katung, Bradley Smith Pertimbangkan Pensiun!

ktm indonesia

Konstelasi perpindahan pembalap untuk musim 2019 memakan korban. Salah satunya adalah pembalap Inggris yang kini membela KTM, Bradley Smith. Smith dipastikan tergusur dari tim orange itu setelah mereka memilih duet Pol Espargaro dan Johann Zarco mulai musim depan. Lalu, akan berlabuh kemana Smith musim depan? Kabarnya, selain masih mencari tim baru, opsi pensiun juga sudah masuk pertimbangan pembalap berusia 28 tahun itu!

Nasib Smith terkatung-katung setelah KTM merekrut Zarco dari Tech 3 untuk mendampingi Espargaro yang lebih dipertahankan. Sialnya lagi, Tech 3 yang mulai musim depan akan menjadi tim satelit KTM justru memilih menduetkan dua pembalap muda, Hafiz Syahrin dan rookie Miguel Oliveira.

Mengomentari masa depannya yang tidak menentu, pembalap yang telah malang melintang selama 13 tahun di balap grand prix itu justru mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Ia mempertimbangkan untuk menyudahi karier balapnya jika tidak mendapatkan tawaran dari tim MotoGP untuk musim depan.

“Jadi jika saya tidak menemukan sesuatu di dalam MotoGP, ya mungkin saya memilih pensiun dan coba melakukan hal berbeda. Mungkin tidak di paddock, mungkin masih terlibat di sini, namun bukan sebagai pembalap,” ujar Smith dilansir dari motorsport.com (11/6/2018).

Ya, Smith lebih memilih pensiun jika dirinya tidak bisa bersaing dan berkompetisi dengan pembalap-pembalap terbaik di MotoGP. Sebab, Ia beropini bahwa motivasi yang muncul dari dirinya untuk membalap hanyalah saat melawan pembalap-pembalap terbaik.

Bisa juga diartikan Smith tidak masalah bertarung dengan motor apapun, tim apapun selama masih bisa satu lintasan dengan Marquez, Rossi, Vinales dan pembalap hebat lainnya. Bahkan, opsi sebagai pembalap penguji juga masih dipertimbangkannya. Tapi, jika semua sudah tertutup, pensiun adalah pilihannya.

Oke, jika melihat perkembangan lalu lintas perpindahan pembalap MotoGP untuk musim depan, dengan bergabungnya Joan Mir ke Suzuki Ecstar, praktis kursi untuk tim pabrikan sudah sold out. Yang tersisa adalah sedikit kursi di tim satelit. Beberapa tim satelit masih tersedia untuk pembalap baru sebab mereka rata-rata masih memastikan satu kursi seperti misalnya LCR Honda yang baru memastikan Cal Crutchlow, namun Takaaki Nakagami dengan sponsor Idemitsu-nya masih tetap menjadi pembalap terkuat untuk diperpanjang kontraknya.

Avintia Racing juga baru memastikan Xavier Simeon untuk musim depan, satu kursi bisa diperebutkan Smith. Marc VDS juga masih terbuka untuk menemani Franco Morbidelli atau Angel Nieto Team yang masih kosong untuk dua kursinya. Sayang jika pembalap berpengalaman sekelas Smith harus menghilang dari MotoGP.

blackxperience.com
Advertisements