Catalunya Bersolek Hadapi Balapan Akhir Pekan Ini, Semua Data Laptime Direset!

Cak, jika sampeyan iseng menyambangi web resmi motogp dimana ada informasi sirkuit yang disajikan, ada sesuatu yang tidak biasa di informasi trek Catalunya, Spanyol. Di dalam info track, sampeyan tidak akan menemukan informasi rekor sirkuit, juga seluruh catatan laptime record tiga kelas yang dipertandingkan sebab Dorna memang telah me-reset semua data terkait sirkuit Catalunya untuk musim 2018 ini. Pasalnya, track Catalunya memang telah diupdate termasuk pengaspalan ulang seluruh permukaan trek dan tentu saja panjang sirkuit.

Sirkuit Catalunya memang punya cerita tidak mengenakkan di musim 2016 silam. Kala itu, pembalap Moto3 tuan rumah Luis Salom harus meninggal usai mengalami kecelakaan di Tikungan 13 (T13) sehingga Dorna akhirnya melakukan revisi lay out untuk menghindari kejadian serupa.

Nah, untuk musim 2018 ini revisi kembali dilakukan. Ini berarti sudah ada 3 revisi yang dialami Sirkuit Catalunya yakni revisi 2016, 2017 dan kini 2018. Silahkan simak grafis berikut:

orange: lay out 2016; hitam: lay out 2017
lay out 2018

Intinya, lay out Catalunya untuk musim 2018 ini adalah perpaduan revisi 2016 dan 2017. Untuk T10 menggunakan revisi tahun 2017, sedangkan T13 adalah hasil revisi tahun 2016.

Sehingga, dengan revisi terbaru, panjang lintasan dipastikan berubah sehingga data rekor laptime semua kelas otomatis akan dimulai dari awal, termasuk diantaranya mengubah jumlah lap dari 25 musim lalu menjadi 24 lap di akhir pekan mendatang untuk kelas MotoGP.

Selain perubahan lay out lintasan, sisi keamanan juga ditingkatkan yakni perubahan lay out run off atau gravel. Simak langsung kutipan dari tmcblog berikut:

Yap Ditingkatkan dengan cara ‘memindahkan Grand stand H ‘ di daerah T13 dan dibuatkan runoff Gravel di sana sehingga diharapkan dari segi keselamatan akan lebih bagus. Sobat bisa lihat di gambar, dengan pemunduran Grandstand ini membuat area runoff jadi lebih panjang sekitar 20 meter dari tiap tiap titik pandang di tikungan T13.

So, mari kita sama-sama saksikan akhir pekan ini siapa yang akan mencatatkan nama di rekor sirkuit baru Catalunya.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.