Klasemen Pembalap Pasca Seri Ketujuh Catalunya, Lorenzo Mulai Tebar Ancaman!

Kemenangan beruntun Lorenzo di Mugello dan Catalunya mampu membawanya mulai menyeruak ke papan atas klasemen MotoGP. Tambahan 25 poin di Catalunya atau 50 dari dua balapan terakhir membawa Lorenzo ke posisi 7 klasemen dengan akumulasi 66 poin.

Padahal, ketika memutuskan hengkang dari Ducati dan secara bersamaan keinginannya agar Ducati memodifikasi tangki dikabulkan, Lorenzo baru mengoleksi 16 angka dari 5 balapan. Salah satu yang dipercaya sebagai penyebab Ducati putus asa.

Namun, sejak tangki Desmosedici GP18 #99 dimodif sesuai keinginannya jelang race Mugello, Lorenzo tak terbendung. Di Catalunya Ia meneruskan performa impresifnya dan menegaskan bahwa kemenangan di Mugello bukanlah kebetulan.

Sementara itu, Marquez yang di Mugello gagal meraih poin makin nyaman di puncak dengan keunggulan 27 angka, melebar dari 23 angka sebelum Catalunya. Finish runner up Marquez dan ketiga Rossi di Catalunya memungkinkan hal itu terjadi.

Rossi sendiri makin mantab di peringkat tiga dengan 88 angka disusul Vinales dan Zarco keduanya dari Yamaha dengan 77 dan 73 angka. Petrucci dengan 71 angka menempati posisi terakhir top 5.

Andrea Dovizioso yang kembali gagal meraih angka sepertinya harus mulai mengubur mimpinya mengulang prestasi musim lalu menjadi penantang paling serius bagi Marquez di titel juara. Kini, Dovi telah disamai raihan angkanya oleh Lorenzo (66) dan menempati posisi kedelapan.

Di kategori rookie, kegagalan meraih angka di lap-lap terakhir membuat Hafizh Syahrin kini ditinggalkan oleh rookie lainnya, Franco Morbidelli. Morbidelli beruntung bisa menyelesaikan lomba walau ditimpa masalah di lap terakhir setelah pembalap yang finish di Catalunya hanya berjumlah 14, otomatis semua pembalap finish mendpatkan poin.

Di klasemen konstruktor, Honda masih di puncak dengan 150 angka. Tambahan 20 poin dari hasil finish terbaik para pembalap Honda yakni runner up oleh Marquez. Ducati masih di posisi kedua dengan 132 angka disusul Yamaha dengan 124 poin. Suzuki, KTM dan Aprilia berurutan di posisi 4 sampai 5.

Untuk klasemen tim, Movistar Yamaha masih memimpin. Tambahan finish ketiga Rossi (16 poin) dan keenam Vinales (10) membuat tim biru kini meraih 165 poin. Repsol Honda membuntuti dengan selisih 10 angka saja. Ducati kini merengsek ke posisi 3 menggeser Alma Pramac dengan 132 angka.

Advertisements