Lorenzo Cetak Rekor, Rossi Akan Sulit Menang, Inilah 10 Data dan Fakta Jelang Balapan MotoGP Catalunya 2018

Race MotoGP Catalunya akan segera berlangsung dalam beberapa menit ke depan. Jorge Lorenzo akan memimpin starting grid setelah menjadi yang tercepat di kualifikasi Sabtu. Balapan kali ini akan berlangsung selama 25 lap setelah banyak perubahan dilakukan di atas sirkuit yang pernah ‘menewaskan’ pembalap Luis Salom di kelas Moto3 dua tahun silam. Berikut 10 hal yang perlu sampeyan ketahui jelang balapan MotoGP Catalunya 2018.

1 – Pole position kali ini menjadi yang pertama bagi Jorge Lorenzo sejak terakhir melakukannya tahun 2016 di Valencia. Pole pertama untuk Ducati sekaligus pembalap pertama yang meraih pole bersama Yamaha dan Ducati.

2 – Setelah sempat disamakan Rossi, kini jumlah pole position Lorenzo menjadi 66 dan berada di posisi kedua di bawah Marc Marquez.

3 – Setelah harus menjalani Q1 untuk ketiga kalinya, kemudian bisa menembus grid pertama di Q2, Marquez akan menjadi pembalap ketiga jika bisa memenangi balapan kali ini setelah melewati Q1 setelah Cruthclow (Philip Island 2016) dan Miller Assen – 2016).

4 – Juara Catalunya musim lalu, Dovizioso akan start dari grid pertama (p3). Ini adalah start pertama kalinya bagi Dovi dari grid pertama setelah Sepang tahun lalu.

5 – Start di baris kedua, Maverick Vinales baru sekali naik podium di 8 balapan terakhir.

6 – Posisi start kelima bagi Iannone berarti telah tiga kali beruntun Ia start dari baris kedua. Hasil ini menjadikan Iannone pembalap Suzuki terbaik di kualifikasi setelah Aleix Espargaro meraih pole di 2015.

7 – Start ketujuh (baris ketiga), Valentino Rossi menjadi pembalap tersukses di seluruh kelas di Catalunya (1 kali 125cc; 2 kali 250cc; 1 kali 500 cc dan 6 kali MotoGP. Tapi, masing-masing kemenangan itu diraihnya dari dua baris pertama start.

8 – Tito Rabat (Avintia) akan start dari baris ketiga. Ini adalah start terbaiknya di lintasan kering sepanjang 42 kali start di MotoGP.

9 – Takaaki Nakagami start dari posisi 12, menjadi rookie kedua yang masuk Q2 setelah Franco Morbidelli.

10 –¬†Ini adalah pertama kalinya Pol Espargar√≥ (Red Bull KTM Factory Racing), yang memulai balapan Grand Prix ke-200, dan saudaranya Aleix, gagal lolos dalam Top 12 di grid di sirkuit rumah mereka, karena keduanya bersaing di kelas premier.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.