Usia 39 Tahun, Motor Bermasalah, 3 Kali Podium Beruntun, Valentino Rossi Luar Biasa

Banyak yang mencibir raihan podium Rossi dalam 3 balapan terakhir. Maklum, hanya podium ketiga. Pembalap sekelas Rossi dengan 9 titel juara dunia hanya podium 3 bukanlah prestasi, mungkin begitu kira-kira di benak mereka. Tapi, bagi mantan pembalap MotoGP yang paham bagaimana ketatnya kompetisi balapan tersebut dengan banyak faktor yang mempengaruhi sebuah hasil akhir, apa yang diraih Rossi bukanlah hal remeh tapi justru luar biasa. Apa alasannya?

Adalah James Toseland, eks pembalap MotoGP di tahun 2008 yang memberikan apresiasi tinggi untuk capaian Rossi di Le Mans, Mugello dan Catalunya. Toseland menyebut apa yang telah diraih Rossi membuktikan bahwa Ia adalah pembalap yang konsisten, walaupun usianya tidak muda lagi.

“Menakjubkan. Pada usia 39 tahun mendapatkan podium┬ádengan┬ámotor Yamaha yang tidak terlihat seperti ingin melakukan sesuatu adalah hasil dari determinasi dan konsistensi,” ujar Toseland yang dilansir dari bolasport.com (25/6/2018).

Toseland menjelaskan bahwa jika motor dalam kondisi bermasalah, maka si pembalap membutuhkan energi ekstra untuk mengendalikannya sehingga stamina akan sangat terkuras. Dan, di titik inilah Toseland mengaku takjub dengan Rossi. Maklum cak, usia Rossi ini sudah masuk usia uzur untuk seorang pembalap motor. 39 tahun seharusnya sudah pensiun dan menjadi manajer tim balap, tapi Rossi memilih melanjutkan ambisinya.

“Ketika motor tidak melakukan hal yang Anda inginkan, itu benar-benar melelahkan secara fisik,” ujar Toseland. Anda harus memaksa motornya untuk sesuai dengan yang diharapkan dan itu terlihat sungguh impresif bagi Rossi pada usianya”.

Nah, buat sampeyan nih yang jadi haters Rossi, jangan hanya melihat sesuatu dari hasil akhirnya saja, proses dan jalan menuju hasil itulah yang harus diapresiasi. Di usia 39 tahun, sampeyan sudah melakukan apa? hahahaha….

James Toseland (zimbio.com)

 

Advertisements