10 Hal Yang Perlu Diketahui Jelang Race MotoGP Assen 2018

Seperti biasa, jelang para pembalap adu cepat di lintasan, laman resmi MotoGP menghadirkan 10 hal yang perlu penikmat balapa jet darat roda dua itu ketahui tentang balapan seri MotoGP. Dan kali ini adalah seri kedelapan dari 19 seri yang direncanakan musim ini dan dihelat di The Cathedral alias Sirkuit Assen, Belanda. Apa saja 10 hal yang perlu diketahui sebelum race Assen dimulai malam nanti? Lanjuuutt…

1. Marc Marquez
Pole yang diraih Marquez di Assen kali ini menjadi raihan pole ke-75 sepanjang karirnya di balapan Grand Prix dan ke-48 di kelas premier. Disamping itu, pole kali ini adalah yang pertama musim ini, sama dengan yang diraihnya di Austin namun dibatalkan akibat sanksi penalti.

2. Pemenang Dari Pole
Dalam 7 tahun terakhir hanya ada dua pembalap yang meraih kemenangan di Assen dari pole position yakni Casey Stoner (2012) dan Valentino Rossi (2015).

3. Valentino Rossi
Start dari grid ketiga dan kedua kalinya di musim ini start dari front row, Valentino Rossi menjadi pembalap tersukses di Assen dengan 1x kemenangan di 125cc, 1x 250cc dan 8x kelas premier dimana 9 diantaranya ketika Rossi start dari dua baris terdepan.

4. Paceklik Kemenangan Yamaha
Yamaha telah 17 seri tanpa kemenangan sejak Rossi menang di Assen tahun lalu menjadi paceklik kemenangan terpanjang setelah 18 kali tanpa menang di tahun 2002-2003.

5. Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso menjadi pembalap Ducati terbaik di starting grid dengan menempati baris kedua. Ia bisa menyamai pencapaian Stoner (2008) jika bisa menang kali ini.

6. Aleix Espargaro
Aleix Espargaro akan start dari posisi 7 dan menjadi raihan start terbaik musim ini sama dengan yang diraihnya di Argentina awal musim.

7. Hat-trick Gagal Start Baris Depan
Setelah melalui Q1, Johann Zarco akhirnya start dari posisi kedelapan, ini berarti capaian ketiga kalinya beruntun pembalap Prancis itu gagal start dari dua baris terdepan.

8. Start Terburuk Andrea Iannone
Start dari baris ketiga menjadi catatan start terburuk Iannone musim ini setelah start ke-12 di Argentina hawal musim ini.

9. Danilo Petrucci
Sama halnya dengan Iannone, Danilo Petrucci juga mencatat hasil start terburuknya musim ini (11) setelah start ke-18 di Argentina.

10. Alvaro Bautista Start Terbaik
Walau hanya start dari posisi 12, namun capaian Bautista ini menjadi yang terbaik musim ini bagi pembalap Angel Nieto Team itu sejak start ke-9 di Aragon musim lalu.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.