Respon Rossi dan Dovizioso Usai Berduel di Assen, Sama-Sama Apes!

Salah satu yang paling ditunggu dari race Assen kemarin adalah apakah Yamaha bisa mengakhiri paceklik kemenangan setelah setahun nir gelar? Tentu, harapan paling besar ada di pundak ‘Raja Assen’ Valentino Rossi yang telah 10 kali menang di sana. Tapi, hasil akhir balapan paling seru musim ini itu kita semua tahu, Yamaha masih belum bisa menang dan ‘hanya’ mendapat podium ketiga melalui Maverick Vinales. Apa yang terjadi dengan Rossi?

Ini yang akan jadi bahasan kali ini, respon Rossi usai balapan yang menurut tmcblog.com (1/7/2018) disebut berganti posisi di top 6 hingga 126 kali itu seperti apa, terutama pertarungan sengitnya dengan sang kompatriot, Andrea Dovizioso, sehingga keduanya gagal podium.

Rossi mendahului Dovi di chicane terakhir ketika merebut posisi kedua, keduanya kemudian beriringan saat akan memasuki tikungan 1, sayangnya manuver Dovi yang berada di sisi dalam membuat Rossi melebar dan juga dialami Dovi sehingga keduanya melorot, Rossi keenam, Dovi keempat, setelah disalip Rins dan Vinales. Alhasil, setelah mendahului Cruthclow jelang finish, Rossi akhirnya finish kelima di belakang Dovi.

“Namun sayangnya ia tiba terlalu cepat, memaksa saya keluar lintasan. Itu adalah manuver agresif,” keluh Rossi seperti dikutip dari motorsport.com (2/7/2018). “Secara strategi, menurut saya itu tidak terlalu cerdas. Karena saya dan Dovi bisa saja finis kedua dan ketiga, tapi kami finis keempat dan kelima. Sangat disayangkan, namun kondisinya seperti ini”.

Menanggapi kekesalan Rossi, Dovizioso ternyata memiliki pembelaan. Walau memahami kekesalan yang dialami rekan senegaranya itu, Dovi menganggap juara dunia sembilan kali itu berada dalam posisi yang tidak menguntungkan yakni di sisi luar.

“Jika saya berada dalam situasi Valentino, saya dapat mengerti karena ia berada dalam posisi yang cukup kuat, tapi saya tidak melakukan sesuatu melewati batas,” terang Dovizioso.

Ya, Dovi menyebut posisi Rossi yang membuatnya melebar sendiri. Namun, walau begitu Dovi tetap minta maaf hingga ‘membuat’ Rossi keluar lintasan sembari memberikan contoh duel Marquez dan Vinales beberapa lap sebelumnya yang mirip-mirip kejadian dirinya dengan Rossi.

Advertisements