Alex Rins Ingin Menang, Sekarang Saatnya Mumpung Suzuki Masih Konsesi!

ktm indonesia

Performa menawan ditunjukkan Alex Rins di GP Belanda akhir pekan lalu. Suzuki GSX-RR yang dibawanya mampu bertarung ketat dengan deretan pembalap top di baris depan dan berakhir dengan podium kedua. Momen paling mengesankan tentu saja ketika Ia menyalip Marc Marquez dan mengalahkan Maverick Vinales di penghujung lomba. Performa impresif di Assen memantik kepercayaan diri Rins untuk bisa menang di balapan selanjutnya.

Mengawali musim ini dengan terjatuh di Qatar, Rins kemudian menggebrak usai meraih podium ketiga di Argentina sebelum kembali gagal finish di dua seri berikutnya. Secara umum performa Rins memang naik turun, belum bisa konsisten di zona poin atau podium. Namun, Assen seolah menjadi titik kebangkitan Rins.

Bertarung ketat melawan deretan pembalap top, ia tampil impresif yang ditunjukkan lewat keberhasilan mengalahkan Maverick Vinales untuk mengklaim podium kedua, podium tertingginya sejak melakoni debut di kelas premier tahun lalu. Mendapatkan pengalaman bagus di Assen, Rins yakin kemenangan MotoGP pertamanya akan segera datang.

“Sedikit demi sedikit kami mendapatkan pengalaman, tetapi motor bekerja sangat baik dan saya pikir bahwa kemenangan akan segera datang,” ujar Rins penuh optimisme seperti dikutip dari motorsport.com (4/7/2018).

Alex Rins ini termasuk pembalap kencang. Dua musim berlaga di Moto2, Ia begitu cepat dan mampu menghadirkan tekanan serius bagi sang juara, kala itu Ia bersaing dengan Johann Zarco. Namun, konsistensi Rins memang perlu ditingkatkan. Tidak jarang di satu balapan Ia sangat kuat dan sulit ditaklukkan, namun di lomba berikutnya terkadang Ia begitu mudah jatuh atau tidak mampu bersaing di depan. Kekurangan yang tidak dimiliki Zarco kala itu dan akhirnya membuat Rins harus puas di posisi runner up.

Saat menjalani debut di kelas utama, Rins yang digadang-gadang akan menjadi penantang serius pembalap top, ternyata justru harus bergulat dengan cedera akibat terjatuh di Argentina. Total 8 seri di musim 2017 Ia gagal menyentuh finish, selain absen juga terjatuh. Belum lagi hasil minor 4 kali finish di luar top 15 membuatnya gagal menambah poin. Alhasil, Ia harus puas di posisi 16 dengan 59 poin di musim itu.

Musim ini, seperti yang disinggung di awal tulisan ini, Rins kembali menunjukkan performa yang tidak konsisten. Tapi dengan apa yang ditampilkannya di Assen lalu, Rins memang punya potensi mengganggu dominasi Marquez, Dovizioso, Rossi, Lorenzo ataupun Vinales. Apalagi, saat ini Suzuki tengah ‘dianakemaskan’ Dorna dengan status konsesinya. Jadi, jika Rins ingin menang, maka musim ini menjadi kesempatan besar untuk mewujudkannya. Mirip dengan yang dialami Maverick Vinales sebelum pindah ke Yamaha.

Advertisements