Intip Bentuk-Bentuk Aero Fairing Motor MotoGP Sebelum Regulasi Baru 2019

Perkembangan MotoGP dari tahun ke tahun semakin dinamis. Salah satu regulasi paling mencolok adalah pelarangan sayap tambahan di bagian depan motor (winglet) di akhir 2016 sehingga ‘memaksa’ insinyur pabrikan-pabrikan memutar otak lebih keras untuk ‘ngakali’ regulasi tersebut.

Hingga akhirnya sejak musim lalu bertebaranlah hasil kreativitas mereka bernama aero fairing. Tim-tim seolah berpacu dengan waktu menghadirkan aero fairing terbaik yang bisa meningkatkan performa motor sekaligus tidak menabrak regulasi.

Namun, jika kita melihat desain anyar aero fairing motor-motor MotoGP sepintas tidak beda dengan winglet. Mungkin perbedaannya adalah dimensi dan strukturnya yang menyatu dengan fairing. Ketika pra musim dimulai, inovasi aero fairing mulai dipamerkan, hasilnya ada yang lanjut digunakan saat musim berjalan namun tidak sedikit yang mendesain ulang fairing depan atau bahkan tidak menggunakannya.

Saat ini, tim dibatasi dua desain fairing yang berbeda per musim: versi ‘standar’ yang harus dihomologasikan sebelum awal musim, dan ‘evolusi’ yang dapat diperkenalkan pada setiap tahap sesudahnya. Pembalap kemudian bebas bertukar antara dua desain.

Namun, beberapa pabrikan, terutama Ducati, telah memasukkan desain dengan beberapa bagian, yang dapat ditambahkan dan dihapus untuk memenuhi persyaratan aerodinamika trek yang berbeda. Berdasarkan pernyataan Komisi Grand Prix usai pertemuan akhir pekan lalu di Assen, praktek tersebut akan dilarang pada 2019.

“Panduan desain bodi aero telah dirilis Direktur Teknik dan batas dimensi bodi aero baru, serta batasan pada kombinasi bagian bodi aero yang berbeda telah diperkenalkan,” demikian bunyi pernyataan resminya seperti dikutip dari motorsport.com (4/7/2018).

Nah, seperti apa jenis-jenis aero fairing yang digunakan tim-tim MotoGP saat ini? Kita lihat yuk penampakannya yang RA ambil dari latimages.com:

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.