Hasil Lengkap Latihan Bebas WSSP300 Misano, Galang Hendra Pimpin Top 10 Pembalap ke Superpole 2

Galang Hendra kembali menunjukkan talenta hebatnya di ajang balap World Supersport 300. Kali ini di seri keenam WSSP300 yang dilangsungkan di Sirkuit Marco Simoncelli-Misano, pembalap dari tim Biblion Yamaha Motoxracing menjadi yang tercepat di dua sesi latihan bebas, Jumat (6/7/2018).

Di sesi latihan bebas pertama (FP1), Galang menggebrak dengan best laptime 1’51,217 untuk memimpin sesi yang diikuti oleh 40 pembalap di grid. Laptime yang dicetak pembalap asal Magelang itu memecahkan rekor sirkuit 1’52,240 yang dicetak M. Perez tahun lalu.

Galang Hendra mengalahkan Scott Deroue dan Keun Meuffels yang menjadi tercepat kedua dan ketiga dengan gap lumayan yakni hampir setengah detik. Sementara itu, Imanuel Pratna meraih hasil latihan bebas terbaiknya sejauh ini yakni di posisi 12 dan Ali Adrian di posisi 24.

Pada sesi latihan bebas kedua (FP2) cuaca menjadi kurang bersahabat. Latihan akhirnya dideklarasikan basah sehingga bisa dipastikan laptime yang diraih pembalap tidak akan mampu memperbaiki catatan di FP1. Ini berarti Galang Hendra akhirnya secara kombinasi FP1 dan FP2 menjadi yang tercepat dan berhak memimpin rombongan top 10 di FP1 untuk langsung melaju ke Superpole 2.

Di FP2 sendiri, Galang Hendra sempat ndlosor di gravel, namun masih bisa kembali rejoin ke lintasan dan akhirnya mencatat waktu tercepat ketiga dengan 2’03,930. Rekan setimnya di Biblion, J. Facco yang menggantikan posisi P. Grassia, keluar sebagai pembalap tercepat dengan 2’02,794.

Yang menarik selain kegemilangan Galang Hendra di latihan bebas kali ini adalah mendominasinya Yamaha YZF-R3 di Superpole 2. Ada 6 pembalap dengan Yamaha R3 dari top 10 pembalap tercepat di FP1 yang melaju ke Superpole 2. Ini menunjukkan Dorna telah berhasil membuat regulasi sehingga keunggulan kapasitas mesin dan power motor Ninja 400 dan KTM RC390 menjadi setara R3 yang lebih kecil. Akibatnya adalah skill pembalap menjadi pembeda.

Kita tunggu saja hasil Superpole 2 yang akan dilangsungkan hari ini mulai pukul 16.55 wib. Akan ada dimana posisi start Galang Hendra nanti, akankah mengulang sukses di seri sebelumnya di Brno dimana Ia meraih pole untuk kemudian disempurnakan dengan kemenangan di race Minggu, kita tunggu saja!

Advertisements