Marquez: “Dani Kurang Motivasi”

ktm indonesia

Melihat performa Dani Pedrosa musim ini rasanya tidak pantas gelar pembalap alien disematkan ke dirinya. Jangankan bertarung di baris depan memperebutkan kemenangan, untuk sekedar finish saja rasanya sangat keras usaha yang harus dikeluarkan pembalap Honda tersebut. Menanggapi hasil minor sang tandem, Marc Marquez punya analisa tentang merosotnya performa Pedrosa.

Untuk pembalap sekelas Pedrosa performa musim ini memang ancur-ancuran. Dari delapan seri yang telah digelar, finish terbaik pembalap yang bergabung dengan Honda sejak 2006 silam itu hanya di peringkat kelima yakni di Le Mans dan Catalunya. Sisanya, dua kali finish ketujuh di Qatar dan Amerika, sekali finish posisi 15 di balapan pekan lalu di Assen serta 3 kali gagal finish dimana dua diantaranya harus tersingkir di lap pertama.

Performa yang membawa Pedrosa terperosok ke peringkat 12 klasemen sementara dengan raihan 41 poin, bandingkan dengan pencapaian Marquez di puncak dengan 141 poin. Bisa jadi, inilah alasan Honda melepas eks anak emasnya itu di akhir musim ini.

Marquez mengatakan alasan merosotnya performa duetya sejak 2013 silam itu adalah soal motivasi. Marquez menyebut mustahil baginya dan juga Pedrosa untuk bisa memaksimalkan potensi RC213V jika motivasinya minim.

“Dani sedang menjalani masa-masa sulit,” Marquez mengomentari rekan satu timnya. “Assen adalah salah satu trek di mana ia paling kesulitan, ini karena kondisi fisiknya. Namun dengan motor kami, jika Anda tidak termotivasi, mustahil untuk kencang. Motor kami sering bergetar, Anda harus mengendarainya dengan keberanian,” tambah Marquez seperti dikutip dari motorsport.com (6/7/2018).

Bertahan atau Pensiun

Dani Pedrosa resmi dilepas Honda akhir musim ini. Spekulasi masa depan sang pembalap hingga kini terus bergulir liar. Dua opsi yang saat ini mengemuka adalah Pedrosa akan direkrut Yamaha untuk menjadi pembalap tim satelit mereka yang baru, SIC Racing. Namun, opsi pensiun dari MotoGP juga tidak kalah santer. Pedrosa sendiri menyebut akan mengumumkan masa depannya jelang balapan di Jerman pekan depan.

Sebenarnya, sayang jika pembalap berkualitas seperti Pedrosa harus pensiun di usia 31 tahun. Namun, jika melihat riwayat cedera yang sering dialaminya sepanjang karir balapnya, pilihan tepat jika Ia harus pensiun. Berbagai macam operasi di tubuhnya membuat kondisi fisiknya rentan untuk kembali cedera jika di kemudian hari harus terjatuh lagi dari motor. Bisa makin remek tuh. Kita tunggu saja apa pilihan the little spaniard itu pekan depan.

Performa Dani Pedrosa Musim Ini:

Qatar : start 7 finish 7
Argentina : start 2 DNF lap 1
Amerika : start 9 finish 7
Jerez : start 2 DNF
Mugello : start 20 DNF lap 1
Catalunya : start 11 finish 5
Assen : start 18 finish 15

Total Poin : 41

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.