Romano Albesiano: “Aprilia Bisa Keluar dari Superbike”

Sebelum terjun kembali ke MotoGP tahun 2015, Aprilia sudah lebih dulu menggapai kejayaan di balapan World Superbike (WSBK) lewat Max Biaggi dan Sylvian Guintoli. Namun, kini sang big boss, Romano Albesiano, membuka wacana untuk membawa pabrikan asal Italia itu keluar dari WSBK.

Ya, Albesiano membuka peluang Aprilia untuk hengkang dari Superbike dan mengalihkan fokus seluruhnya ke MotoGP. Hal itu tergantung negosiasi dengan Milwaukee, tim yang bekerjasama dengan Aprilia. Jika satu suara, Milwaukee Aprilia akan lanjut petualangan di Superbike, namun sebaliknya akan keluar dari balapan motor produksi massal itu.

Dalam wawancara yang dimuat oleh gpone.com (7/7/2018), Albesiano menjelaskan seperti apa pabrikan Aprilia memandang balapan Superbike dan MotoGP. Albesiano menganggap dua ajang balap motor itu adalah dua hal berbeda. MotoGP lebih ke bisnis dan teknologi, sedangkan Superbike adalah hasrat dan cinta.

Albesiano juga menjelaskan bahwa Aprilia mulai menentukan arah setelah tahun 2014, ketika mereka memutuskan comeback ke MotoGP tahun 2015. Aprilia mulai mengurangi komitmen di Superbike, artinya mereka akan tetap berkompetisi di balapan itu namun dengan syarat harus kompetitif.

“Setelah 2014, kami mengurangi komitmen kami, mengingat proyek MotoGP. Kami ingin tetap di Superbike tetapi dalam posisi yang kompetitif dan kami perlu memahami apakah itu mungkin atau tidak,” ujar Albesiano.

Nah, jika mengacu pada pernyataan tersebut, prestasi dua pembalap Superbike Aprilia musim ini, Eugene Laverty dan Lorenzo Salvadori tidaklah terlalu menggembirakan. Prestasi terbaik Aprilia adalah podium ketiga lewat Laverty di Amerika dan Misano, selebihnya tidak bisa berbuat banyak.

Di klasemen, Laverty menempati peringkat 8 dengan 113 poin sedangan Salvadori dua tingkat di bawahnya dengan 92 poin. Tentu saja, posisi 8 dan 10 bukanlah sebuah prestasi bagi pabrikan yang pernah 3 kali juara Superbike tahun 2010 dan 2012 (Biaggi) dan 2014 (Guintoli).

So, opsi keluar dari Superbike bagi Aprilia sangat mungkin terjadi jika negosiasi dengan Milwaukee gagal menemui kata sepakat dan prestasi pembalapnya tidak bersinar. Fokus ke MotoGP saja dah hehehehe…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.