Xpander Makin Laris, Avanza Tergeser Sang Adik!

ktm indonesia

Sekarang Bulan Juli, tapi data penjualan mobil terlaris justru untuk bulan Mei, bulan Juni kemana? Oke, abaikan saja dulu. Saat ini kita lihat saja persaingan mobil Low MPV yang memang memiliki segmen pasar terbesar di tanah air. Lebih khusus kita lihat persaingan Mitsubishi Xpander dengan penguasa lama, Toyota Avanza. Seperti apa penjualan keduanya Mei lalu? Apakah Avanza bisa mengambil alih pucuk dari Xpander?

Xpander hadir dengan membawa kesegaran desain yang mewah dan gagah, lha wong garis desainnya diambil dari mobil premium Mitsubishi, Pajero. Kehadirannya benar-benar mengganggu kenyamanan Toyota sebagai penguasa segmen ini. Hasilnya, luar biasa. Avanza yang seolah tidak punya lawan walau digempur Xenia, Mobilio hingga Ertiga atau Grand Livina, akhirnya takluk oleh Xpander.

Setelah menempel tipis di awal bulan tahun ini, Xpander akhirnya tak terbendung untuk menjadi Low MPV terlaris hingga Mei kemarin. Bahkan, di bulan Mei Avanza tidak saja kalah dari Xpander, tapi menghadapi sang adik, Calya, Avanza juga sudah kalah.

Data Gaikindo yang diperoleh dari detik.com (4/7/2018) menunjukkan Xpander stabil di posisi teratas dengan penjualan 7.601 unit. Angka ini meningkat lebih dari 500 unit dibanding bulan April yang di angka 7.097 unit.

Seperti yang disebut sebelumnya, Avanza kalah laris dari Calya. Kali ini, eks raja Low MPV itu ‘hanya’ terjual sebanyak 6.480 unit turun dari 6.917 unit pada bulan April. Penurunan ini membuat Avanza digeser Calya sebagai mobil terlaris kedua dengan total penjualan 6.694 unit.

Avanza 2018 Xpander
7543 Januari 7079
6773 Februari 7400
7097 Maret 7493
6917 April 7097
6480 Mei 7601
34810 TOTAL 36670

Sepanjang 5 bulan pertama tahun ini total penjualan Xpander tetap mengungguli Avanza dengan selisih hampir 2 ribu unit.

Melihat kondisi di atas, seharusnya Toyota sudah mulai bergerak untuk mengembalikan kejayaan Avanza dengan melakukan facelift major, seperti yang mereka lakukan kepada Rush. Jangan lupakan, saat ini konsumen sudah semakin cerdas dalam memilih mobil harian, nama besar sudah bukan jaminan lagi.

Advertisements