Marquez Juara Lagi Di Sachsenring 2018: 9 Tampil, 9 Pole, 9 Win!

ktm indonesia

Sembilan kali tampil di Sachsenring, sembilan kali pole dan sembilan kali menang. Apa kata yang tepat untuk prestasi seperti itu? Luar biasa memang apa yang ditampilkan Marc Marquez di tahun kesembilannya membalap di sirkuit kebanggaan warga Jerman itu. Termasuk yang baru saja dilakukannya, mengalahkan Valentino Rossi dan Maverick Vinales untuk menjadikan koleksi kemenangannya kesembilan di Sachsenring.

Ya, start dari pole, Marquez sebenarnya sempat keteteran di lap-lap awal. Ia kehilangan posisi terdepan setelah Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci menyalipnya. Namun, ibarat pemeran protagonis di sebuah film, kalah duluan namun diakhir cerita keluar sebagai pemenang. Begitulah Marquez di Sachsenring beberapa saat yang lalu.

Setelah bisa mengatasi Petrucci, Marquez kemudian memberikan tekanan hebat untuk Lorenzo yang masih memimpin. Lumayan lama sekitar 12 lap x-fuera berada di depan Marquez sebelum akhirnya di lap 16 posisi pimpinan lomba berubah.

Marquez mengambil alih posisi terdepan. Lorenzo yang disalip tampak makin goyah setelah hanya bertahan sekitar 3 lap dari serangan Rossi. Akhirnya, duel di depan terjadi antara Marquez dan Rossi (ya, walau sebenarnya tidak benar-benar berduel sebab jarak terdekat keduanya hanya 0,6 detik dan terus melebar). Lorenzo perlahan tapi pasti terus tergeser oleh pembalap di belakangnya. Petrucci melakukannya, kemudian Vinales juga menambah mundur posisi x-fuera.

Penampilan tidak kalah mengesankan ditunjukkan Vinales. Sempat berada di posisi 8 di awal-awal lomba, kemudian agak stuck di posisi 7 di belakang Dovizioso, Crutchlow dan Bautista, di 5 lap terakhir Ia kemudian menyerang. Satu persatu pemblap di depannya itu dilibas hingga akhirnya berada tepat di belakang sang rekan setim, Rossi. Ya, Vinales akhirnya masuk top 3 usai menyalip Petrucci di dua lap jelang finish.’

Akhirnya, 30 lap balapan Sachsenring musim ini menjadi milik Marquez (lagi), Rossi meraih podium kedua dan Vinales ketiga. Double podium pertama untuk Movistar Yamaha musim ini. Petrucci keempat, Bautista yang kencang sejak kualifikasi akhirnya meraih finish terbaiknya musim ini di posisi kelima tepat di depan dua Ducati, Lorenzo dan Dovizioso.

Dani Pedrosa, Johann Zaco dan pembalap KTM, Bradley Smith melengkapi posisi top 10. Rookie terbaik diraih Hafizh Syahrin yang finish ke-11. Calon rookie of the year nih pembalap Malaysia setelah saingannya, Franco Morbidelli harus absen di dua balapan terakhir.

Advertisements