Rumor MotoGP: Jonas Folger Akan Jadi Test Rider Yamaha? Hati-Hati, KTM Siap Menikung!

Rumor seputar MotoGP musim depan terus berkembang termasuk dari eks pembalap Yamaha Tech 3 yang mundurdi awal musim ini, Jonas Folger. Kabarnya, pembalap Jerman itu akan kembali ke lintasan MotoGP dan yang menarik adalah ada dua kubu yang tertarik untuk menggunakan jasanya yakni Yamaha dan KTM. Wuih, larisss….

Dari kubu tim biru, Yamaha kabarnya mulai melirik opsi untuk menggaet pembalap yang bulan depan berusia 25 tahun itu sebagai test rider. Pabrikan Iwata itu nampaknya mengaca pada Honda yang merekrut pembalap berpengalaman di MotoGP sebagai test rider mereka pada sosok Stefan Bradl.

Apalagi, masalah Yamaha sejak musim lalu hingga terakhir di Sachsenring yang menutup paruh musim ini belum juga teratasi yakni soal akselerasi M1. Folger punya pengalaman manis dengan M1 kala finish kedua di Sachsenring tahun lalu. Ia sempat menguasai hingga lebih dari separuh balapan sebelum harus merelakan direbut Marc Marquez di akhir-akhir lomba.

Bahkan, Rossi yang finish runner up mengaku terang-terangan mencontek data Folger saat berlaga tahun lalu itu. Alhasil, the doctor bisa finish kedua di ‘treknya’ Marquez itu. Bahkan, dalam sebuah komentar pasca balapan, Rossi menyebut piala yang diraihnya itu akan diberikan kepada Folger.

Jika opsi test rider diterima oleh Folger, maka itu bisa dijadikan semacam latihan adaptasi lagi dengan kompetisi di MotoGP sekaligus menjadi semacam tes fisik setelah pulih dari penyakit sindrom Gilbert yang memaksanya ‘pensiun dini’ musim ini. Bukan tidak mungkin, di tahun-tahun mendatang Ia akan direkrut kembali oleh Yamaha untuk mengisi slot di tim satelit atau bahkan di tim pabrikan menggantikan Rossi misalnya. Misalnya lho ya…

Diincar KTM

Jonas Folger (kiri) dan Johann Zarco

Yamaha tidak sendirian tertarik dengan kapasitas Folger. Ada KTM yang kabarnya juga mengincar sang pembalap. Direktur balap KTM, Pit Beirer juga telah mengatakan kepada speedweek.com (19/7/2018) bahwa Folger mungkin bisa melakukan tes MotoGP dengan RC16. Mantan rekan setim Tech3-nya Johann Zarco dipastikan akan menggeber RC16 selama dua tahun bersama tim pabrikan Austria itu mulai musim depan. Bukan tidak mungkin faktor kedekatan keduanya saat masih di Tech 3 akan membuat Folger memilih KTM dibanding Yamaha.

Namun, yang jelas tim manapun yang akan dipilih Folger, sudah seharusnya pembalap sekelas Jonas Folger tetap berada di lingkaran MotoGP. Kemampuannya masih bikin penasaran setelah hanya semusim (tidak penuh) berkompetisi di balapan jet darat roda dua paling populer di kolong jagad itu.

Secara mengejutkan, Jonas Folger menjalani tes Moto2 bersama Kalex guna mencoba hasil riset sasis Kalex dengan mesin Triumph 3 silinder 765 cc yang akan menjadi mesin motor Moto2 sejak musim 2019 nanti. Dan Ia telah benar-benar pulih dari penyakitnya.

 

 

Selamat datang, Folger!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. tanda-tanda jonas folger akan direkrut yamaha | rideralam.com

Comments are closed.