Busur Derajat, Rahasia Melejitnya Imanuel Pratna di WSSP300 Misano 2018

Cak, jika sampeyan mengikuti perjalanan pembalap Indonesia di World Supersport (WSSP) 300 musim ini, akan paham seperti apa susahnya Imanuel Pratna menembus top 15 di balapan. Artinya, El (panggilan Imanuel Pratna) sama sekali belum meraih poin hingga seri kelima sebelum seri Misano, padahal dua rekan senegaranya, Ali Adrian dan Galang Hendra sudah lebih dulu meraih poin.

Bahkan, nama terakhir sudah pernah menang di Brno. El, jangankan finish top 15, untuk sekedar finish 20 besar saja sudah kesusahan. Namun, di Misano telur itu pecah juga. El sukses finish ke-11 dan berhasil meraih 5 poin. Apa rahasianya hingga El bisa menyodok ke zona poin di Misano?

Rahasianya adalah Leon Chandra (Racetech). Menurut laman maniakmotor.com (22/7/2018), kedatangan Leon itulah yang membuat performa El meningkat drastis. Siapa Leon sehingga bisa membuat performa El meningkat?

Pria yang pernah sekolah elektronik dan telemetri di Australia itu adalah orang yang menangani performa Imanuel di ARRC. Saat seri Misano, Leon datang ke Italia khusus untuk mengoprek YZF-R3 El, terutama dari sisi elektronik, sesuai keahliannya. Tentu saja kedatangan Leon sudah atas ijin Terra E Moto, timnya El.

Lalu, yang dilakukan Leon bisa dibilang sederhana. R3 El diukur menggunakan dial gauge (busur derajat) untuk mendapatkan data durasi kem, LSA dan timing yang sangat akurat. Sebab, menurut Leon mapping model apapun akan percuma jika data tersebut tidak ada.

“Jadi ketepatan buka-tutup kem susah dipatok. Makanya usai lomba di Misano saya stay seminggu di sana. R3 Imanuel dibenahin semuanya,” ujar Leon.

Wow… tak sabar untuk melihat performa Imanuel Pratna pasca libur panjang WSSP300 setelah dioprek habis oleh Leon. Pasalnya, di Misano kemarin Leon hanya punya waktu 3 hari saja untuk membenahi R3 El, sedangkan usai balapan Ia kembali mengoprek habis R3 pembalap yang pernah berguru ke Rossi itu hingga seminggu. Tiga hari saja finish 11, kalau seminggu bisalah ya masuk top 10.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.