SIC Racing 8 Tahun di MotoGP, Apakah Yamaha Akan Punya 2 Tim Satelit?

Malaysia makin menancapkan kukunya di ajang balap grand prix setelah merambah kelas primer, MotoGP, mulai musim 2019. Adalah Sepang International Circuit (SIC) manajemen yang membuat hal itu nyata. Sebelum ini, mereka sudah punya tim di Moto3 dan Moto2. Bahkan, tim baru mereka di MotoP kabarnya sudah mengikat komitmen setidaknya 8 tahun ke depan. Heemm… (pertanyaan basi) Indonesia kapan?

(Jawabannya lebih basi lagi) kalau korupsi lenyap. SIC Racing telah menandatangani kesepakatan bisnis dengan Yamaha untuk menjadi tim satelit mereka. Setelah itu, mereka mengambil alih manajemen tim MotoGP, Angel Nieto Team. Alhasil, di starting grid musim depan empat motor Yamaha M1 masih akan eksis.

Tidak hanya mengikat Yamaha dan Angel Nieto Team, SIC Racing juga telah ‘memaksa’ Dorna untuk menerima kehadiran mereka lebih lama dari rencana. Dorna awalnya memberi mereka jatah 3 tahun di MotoGP yakni 2019-2021, namun melalui lobi-lobi dengan menunjukkann keseriusan proyek yang mereka rencanakan, akhirnya Dorna mau memenuhi keinginan manajemen SIC untuk memberinya waktu 8 tahun!

“Saat ini, Dorna selaku promotor MotoGP, telah memberi kami kontrak selama delapan tahun. Awalnya mereka memberi kontak hingga 2021, tetapi kami meminta tambahan lima tahun,” ujar CEO Sepang, Dato’ Razlan Razali dalam konferensi pers event SIC Regional Tour Jakarta, Kamis (26/7) yang dikutip dari motorsport.com (26/7/2018).

“Dorna biasanya memberi kontrak tiap lima tahun, dan masih tersisa tiga tahun lagi hingga 2021 (tahun di mana Dorna akan memberi kontak lima tahun), tapi kami ingin mengamankan kontrak tambahan selama lima tahun ke depan,” tambahnya.

Hemm… Malaysia Boleh! Mereka bisa, kenapa kita tidak juga bisa ya? (pertanyaan basi selanjutnya).

Jika SIC Racing dipastikan 8 tahun di MotoGP, lalu bagaimana rencana tim SKY VR46 yang rencananya akan masuk ke MotoGP tahun 2021 nanti? Apakah Yamaha akan memiliki dua tim satelit di grid? Kita tunggu saja.

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.