Yamaha Juara Suzuka 8 Hours 2018, Kemenangan Keempat Beruntun!

ktm indonesia

Akhirnya ajang balap ketahanan The 41st Coca Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race 2018 usai. Pemenangnya adalah sang juara bertahan tim Yamaha Factory Racing (Yamaha) dengan kekuatan 3 pembalapnya; Katsuyuki Nakasuga, Alex Lowes dan Michael van der Mark. YFR mengalahkan dua tim pabrikan lainnya, Red Bull Honda with Japan Post (Honda) dan Kawasaki Team Green (Kawasaki).

Suzuka8Hours tahun ini memang terjadi persaingan ketat antara tiga tim itu. Pada satu jam pertama, tim Kawasaki memimpin dengan keunggulan tipis 0,170 detik dari Yamaha. Di periode ini, ada 7 tim yang menyelesaikan 25 lap termasuk tim Honda Asia-Dream Racing yang diperkuat Andi Gilang. Sementara itu, tim Honda hanya menempati posisi ke-4 di belakang tim Yoshimura Suzuki Motul Racing.

Memasuki dua jam balapan, jumlah putaran yang telah dilahap tim-tim terdepan mencapai 53 lap. Hanya ada 3 tim yang melakoni 53 lap yakni Yamaha, Kawasaki dan Honda. Yamaha balik memimpin di depan Kawasaki dan Honda dengan keunggulan 1,295 detik (Kawasaki) dan 18,342 detik (Honda).

Jam ketiga, praktis persaingan jalur juara hanya terjadi antara tiga tim pabrikan di atas. Di periode ini, Kawasaki kembali memimpin di depan Yamaha dan Honda. Keunggulan mereka sekitar 4 detik di depan Yamaha dan 10 detik dari Honda. Rombongan kedua berisi dua tim di peringkat 4 dan 5 yang menyelesaikan 77 putaran yakni au Teluru MotoUP racing Team dan S-PULSE DREAM RACING IAI.

Memasuki jam keempat, Yamaha mulai menjauhi dua pesaingnya itu. Alex Lowes dkk. sukses melahap 106 putaran di separuh balapan ini unggul 1 lap dari Honda dan Kawasaki. Honda menyalip Kawasaki di posisi kedua. Honda Asia-Dream racing menempati posisi ketujuh tertinggal 3 lap dari Yamaha. Posisi 4 tetap au Teluru MotoUP racing Team sedangkan F.C.C. TSR Honda France menyusul di posisi 5 menggeser S-PULSE DREAM RACING IAI.

Keunggulan 1 lap Yamaha hanya bertahan satu jam. Di jam kelima, Honda mengambil alih pimpinan lomba dan menggeser Yamaha ke posisi kedua. Bersama Kawasaki, ketiga tim ini sama-sama menyelesaikan 131 lap. Honda unggul hampir 4 detik dari Yamaha dan 1:36 detik dari Kawasaki.

Pertarungan makin ketat antara Yamaha dan Honda memasuki 2 jam terakhir. Yamaha kembali unggul hanya dengan 0,426 detik atas Honda. Jumlah putaran sudah 148 lap. Sementara itu, sang pole sitter, Kawasaki makin tertinggal. Kini Jonathan Rea dkk. tertinggal 1 lap dari dua tim di depannya itu. Teluru, S-Pulse dan FCC membuntuti di posisi 4-6. Timnya Galang masih setia di tempat ketujuh.

Pada jam ketujuh, Tim Yamaha sudah unggul 1 lap dari Honda dan 2 lap dari Kawasaki. Alex Lowes menjadi rider tercepat Yamaha, di kubu Honda pembalap Takaaki Nakagami memimpin timnya. Tim Teluru terlempar ke posisi 42. Tim GMT94 Yamaha di belakang S-Pulse dan FCC.

Dan akhirnya setelah bertarung selama 8 jam, Tim Yamaha Factory Racing keluar sebagai pemenang mengungguli Red Bull Honda dan Kawasaki Team Green. Kemenangan keempat beruntun dari tim Iwata yang pada balapan kali ini menanggalkan wearpack dan motor warna biru, menggantinya dengan warna putih dan merah. Alex Lowes keluar sebagai pembalap tercepat.

Advertisements